Biaya Kuliah di UT Tuh Murah Lho, Ini Pengalaman Saya

Jumanto.Net – Biaya Kuliah di UT berapa sih? Jadwal pendaftaran Universitas Terbuka kapan? Apa saja Jurusan Kuliah di UT yang bisa saya ambil? Cara pendaftaran universitas terbuka gimana? Nah, kali ini saya pengin berbagi pengalaman kuliah di UT nih sama kalian semua.

Universitas Terbuka atau UT adalah salah satu UNIVERSITAS NEGERI yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh serta menyediakan juga sistem kuliah online.

So, dari segi status, jelas banget ya kalau UT tuh merupakan perguruan tinggi negeri yang bernaung di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

UT jelas buka kampus abal-abal yang memberikan ijazah secara gratis atau jual beli ijazah. Ijazah dari kampus UT merupakan hasil murni proses belajar selama menjadi mahasiswa UT.

Saya kenal UT dari Mas Wisnu, teman kantor yang terlebih dahulu kuliah di UT. Karena rayuan dari Mas Wisnu inilah akhirnya saya kuliah di UT.

Kenapa sih Kuliah di UT

Ada beberapa alasan mengapa saya memilih kuliah di UT:

  • Biaya kuliah di UT yang murah.
  • Jadwal kuliah yang fleksibel, bahkan saya pilih sistem kuliah online di UT.
  • merupakan perguruan tinggi negeri yang akreditasinya jelas.
  • menjangkau seluruh pelosok Indonesia.
  • Gak dibatasi umur.

Cara Pendaftaran Universitas Terbuka yang Saya Tempuh

Setelah memutuskan untuk kuliah di UT, saya kemudian langsung mendaftar kuliah di UT lewat UPBJJ UT Bandar Lampung yang beralamat di Jalan By Pas (Jalan Soekarno Hatta) dekat dengan Polinela.

Cara pendaftaran UT gampang banget, saya langsung datang ke Kantor UPBJJ UT Bandar Lampung membawa berkas ijazah yang sudah dilegalisir serta persyaratan lainnya, mengisi formulir, lalu membayar biaya pendaftaran.

Biaya pendaftaran UT waktu itu kalau gak salah 150.000 (tahun 2013) dapat kartu mahasiswa serta jaket almamater.

Murah banget biaya pendaftaran UT.

Untuk jadwal pendaftaran Universitas Terbuka, UT biasanya menerima mahasiswa baru 2 kali setahun yang jadwalnya bisa dilihat di website UT (biasanya bulan Januari dan Juli dibuka penerimaan mahasiswa baru).

Jurusan kuliah UT yang saya ambil S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi, melanjutkan kuliah D3 saya dari STAN.

biaya kuliah di ut
Ijasah saya lulus dari UT

Alamat Universitas Terbuka di Mana?

Di daerah-daerah ada kantor UPBJJ UT, nah di sinilah kita bisa mendaftar dan mengurus segala administrasinya.

Silakan cari di website UT alamat kantor UPBJJ UT yang paling dekat sama kalian.

Biaya kuliah di UT Jaman Saya

Selama kuliah di UT saya gak menghabiskan uang banyak karena memang biaya kuliah di UT murah banget.

Sistem kuliah di UT sendiri macem-macem:

  • Sistem Paket Semester (SIPAS) Plus, biaya kuliahnya sudah ditentukan per semesternya (sekitar 2,4 jutaan per semester).
  • Sistem Paket Semester (SIPAS) Penuh, biaya kuliahnya sudah ditentukan per semesternya (sekitar 2,2 jutaan per semester).
  • Sistem Paket Semester (SIPAS) Semi 1, biaya kuliahnya sudah ditentukan per semesternya (sekitar 1,6-1,7 jutaan per semester).
  • Sistem Paket Semester Non Tutorial Tatap Muka (TTM), biaya kuliah di UT untuk sistem ini sekitar 1,3 jutaan per semester.
  • Non sistem paket semester (Non SIPAS), nah sistem inilah yang saya pakai saat daftar UT. Biaya kuliah di UT dengan sistem ini besarannya ditentukan berdasarkan SKS yang diambil.

Saya memilih Non SIPAS karena lebih fleksibel dan sesuai kebutuhan saya.

Biaya kuliah untuk jurusan Akuntansi per SKSnya 38.000 rupiah. Semester awal saya cuma ambil 2 mata kuliah (6 SKS) sehingga cukup bayar 228.000.

Untuk semester selanjutnya biaya kuliah di UT yang harus saya bayar ditentukan sesuai dengan jumlah SKS yang saya ambil.

Untuk kuliahnya, gak pakai tatap muka, jadi saya ambil kuliah online. Kalau di UT namanya Tutorial Online (Tuton).

Di Tuton ini kita diberikan materi, tugas, dan diskusi yang harus diikuti sebagai ganti dari tutorial tatap muka.

Jadi dengan sistem Non SIPAS ini kita gak akan tatap muka dengan dosen. Enak banget kan? Jadwalnya fleksibel banget, yang penting ikut diskusi, kerjain tugas, dan aktif di tuton.

Kesimpulannya, biaya kuliah di UT tuh murah banget deh, dah gitu ada beasiswa juga kok, termasuk beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Baca Juga: Kuliah Online yang ada Di Indonesia

Nah, buat kalian yang mau kuliah di UT, jangan khawatir dengan biaya kuliah di UT ya.

NB: Biaya kuliah di UT dapat kalian lihat di buku yang kalian dapat setelah daftar UT. Setelah daftar UT kalian akan dikasih sebuah buku yang berisi tata cara kuliah di UT, di situ ada rincian juga berapa besar biaya kuliah di UT per jurusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *