Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes dan Tanpa Komputer

Jumanto.Net – Gimana sih cara backup iPhone 6, 6 plus, maupun tipe iPhone lainnya? Apakah ada cara backup data iPhone tanpa iTunes sehingga gak perlu buka laptop, komputer, atau PC? Rasanya agak ribet kan kalau mau backup iPhone aja mesti buka komputer, gak rasanya kurang praktis đŸ˜€

Cara backup iPhone lewat iTunes memang cukup mudah, tinggal buka komputer saja, bisa menggunakan USB kabel atau menggunakan WiFi saja.

Jika backup iPhone lwat iTunes menggunakan kabel konektor, kita bisa lebih hemat kuota karena gak perlu jaringan internet, berbeda jika menggunakan WiFi maka perlu jaringan internet.

Backup iPhone ini penting banget buat kalian yang punya smartphone dari Apple ini. Dengan adanya backup data iPhone, kita gak perlu takut kehilangan data setelah upgrade iOS atau install aplikasi di iPhone.

Backup data iPhone secara rutin juga diperlukan jika kita ingin menyimpan file-file penting kita supaya jangan sampai hilang jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada iPhone kita.

Lewat backup data iPhone ini, kita juga bisa mencoba cara memindahkan data iPhone lama ke iPhone baru.

Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes dan Tanpa Komputer/Laptop, Cukup Pakai Smartphone Saja

Jika kita ingin backup data iPhone secara offline, maka kita bisa menggunakan cara backup data iPhone menggunakan iTunes.

Namun jika ingin cara backup iPhone yang lebih mudah tanpa menggunakan komputer atau laptop, kita bisa membackup data iPhone kita menggunakan iCloud.

Bagi pengguna iPhone akan diberikan kapasitas sebesar 5GB gratis di iCloud yang bisa kita gunakan untuk backup data iPhone kita.

iCloud ini merupakan tempat penyimpanan data secara online (file storage) yang dimiliki oleh Apple. Fungsinya mirip-mirip dengan Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

Cara mencadangkan iPhone lewat iCloud ini bisa dilakukan jika kita sudah punya akun iCloud di iPhone kita.

cara backup data iphone tanpa itunes
cara backup data iphone tanpa itunes

Berikut ini langkah-langkah cara backup iPhone tanpa iTunes menggunakan iCloud

  1. Cara backup data iPhone tanpa iTunes yang pertama, buat akun iCloud terlebih dahulu di Iphone kalian.
  2. Pastikan ada koneksi internet di iPhone sebelum backup data iPhone menggunakan iCloud. Mutlak harus ada koneksi internet.
  3. Setelah punya akun iCloud di iPhone, buka iPhone, masuk ke menu Setting atau Pengaturan, pilih iCloud dan pilih “Cadangan” atau “Backup” (untuk iOS 8 ke atas). Untuk iOS 7 ke bawah pilih Pengaturan > iCloud > Penyimpanan dan Cadangan.
  4. Geser slide di samping tulisan “Cadangan iCloud” atau  “iCloud Backup” sampai berwarna hijau, yang artinya backup iCloud aktif.
  5. Pilih “Cadangkan Sekarang” atau “Backup Now” untuk backup data iPhone lewat iCloud tanpa iTunes. Pastikan koneksi internet tetap jalan sampai backup data selesai.
  6. Selesai sudah cara backup data iPhone tanpa iTunes lewat iCloud di smartphone tanpa menggunakan komputer atau laptop.
  7. Cek juga apakah data telah dibackup semuanya dengan membuka menu Pengaturan > iCloud > Penyimpanan. Disini kita akan melihat backup data iPhone yang baru saja kita buat disertai tanggal dan ukuran backup data iPhone.

Jika kita punya back up data di iCloud, maka kita bisa menerapkan cara mengembalikan data iPhone yang hilang.

Jangan lupa juga backup iphone di komputer biar lebih aman saja.

Demikian saja informasi Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes dan Tanpa Komputer/Laptop dari jumanto.net, mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga: Cara Ambil Nomor Antrian Buat Pasport lewat WA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *