Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri Selain Mobile Banking

Jumanto.net – Bayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan di mana saja, bisa secara online dan secara offline. Untuk pilihan online, bisa bayar BPJS Kesehatan lewat Internet Banking Mandiri. Adapun cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri juga bisa kita pilih kalau kita belum mendaftar Transaksi Finansial Internet Banking Mandiri atau Mandiri Online.

Iuran BPJS saya sudah dipotong langsung dari gaji sebesar 2%, jadi gak perlu setor manual. Sudah otomatis terpotong dari gaji saat gajian.

Di awal tahun 2017, saya mencoba mendaftarkan orang tua dan mertua saya supaya bisa didaftarkan BPJS Kesehatan yang kena potongan 1% saja dari gaji lalu potong lewat autodebit Mandiri.

Sayangnya, fasilitas BPJS dengan iuran 1% untuk orang tua dan mertua ternyata gak bisa lagi, akhirnya mertua didaftarin BPJS Kesehatan Mandiri/Individu dan tiap bulan bayar manual, bukan autodebit.

Sebelum menggunakan Mandiri Online, selama ini saya bayar iuran BPJS mertua saya lewat ATM Mandiri dan ATM BRI.

Pengin coba bayar BPJS di Alfamart atau Indomaret, tapi malah sekarang merasa lebih enak bayar BPJS lewat internet banking Mandiri/Mandiri Online.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri Plus Langkah-langkahnya

cara bayar bpjs lewat atm mandiri
cara bayar bpjs lewat atm mandiri

Sebelum membayar BPJS lewat ATM Mandiri, pastikan sudah mendapatkan Nomor Virtual Account untuk pembayaran Iuran BPJS Kesehatan ini.

Nomor Virtual Account ini berupa 16 digit nomor untuk transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri, BRI, atau bank lain.

Nomor Virtual Account berbeda dengan Nomor BPJS Kesehatan kita.

Adapun langkah-langkah bayar BPJS lewat ATM Mandiri sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM, masukkan PIN ATM dengan benar. Jika salah 3 kali maka akan terblokir. Silakan baca: Cara Mengatasi ATM Mandiri Keblokir.
  2. Pilih menu “Bayar/Beli” di layar mesin ATM.
  3. Lalu pilih “Lainnya“.
  4. Klik “BPJS“.
  5. Ada dua pilihan, “BPJS Kesehatan” dan “BPJS Ketenagakerjaan”. Jika ingin bayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri pilih menu “BPJS Kesehatan“.
  6. Setelah itu, muncul dua pilihan lagi, Individu dan Badan Usaha. Karena saya bayar iuran BPJS personal untuk mertua, maka saya pilih “Individu“.
  7. Masukkan 16 digit Nomor Virtual Account (Untuk Mandiri, dimulai dengan angka 88998. Jika sudah, tekan “Benar“.
  8. Masukkan jumlah Bulan yang mau dibayar. Tekan “Benar” kalau sudah.
  9. Akan keluar Nama Pelanggan BPJS, Kode Cabang, dll beserta Total Premi yang Dibayar.
  10. Jika sudah benar informasi di nomor 9, ketik angka 1 (Pilih No 1) lalu Klik Ya.
  11. Selesai sudah cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri.

Bayar BPJS ATM Mandiri cukup rumit bagi yang belum tahu dan belum pernah karena takut salah pencet dan gak ketemu menunya.

Oleh karena itu perlu tahu juga Panduan Cara Bayar BPJS lewat ATM Mandiri.

Jika bayar BPJS lewat atm Mandiri tidak bisa, kemungkinan sedang ada gangguan jaringan, saya juga sering mengalami hal tersebut.

Lain kali akan kita bahas cara bayar BPJS lewat mobile banking mandiri atau cara bayar BPJS lewat sms banking mandiri.

Dari langkah-langkah di atas, cara bayar BPJS ketenagakerjaan lewat atm mandiri juga bisa dilakukan, karena tinggal pilih BPJS Ketenagakerjaan saja saat ada dua pilihan BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan.

Kiranya itu dulu Panduan Cara Bayar BPJS Lewat ATM Mandiri beserta langkah-langkahnya, mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *