Cara Cek In Pesawat Online dan Offline (Lion Air, Garuda, Air Asia, dll)

Jumanto.Net – Bagi yang pertama kali naik pesawat, mungkin agak kebingungan bagaimana cara cek in pesawat baik secara online maupun offline dengan datang langsung ke loken check in pesawat. Cek In Pesawat ini penting banget sebelum naik pesawat baik satu tujuan maupun pesawat transit.  Check In bisa dilakukan secara online maupun check in di bandara dengan kode booking.

Buat kalian yang terbiasa beli tiket pesawat di Traveloka, bisa menggunakan e tiket traveloka atau kode booking saja dengan menunjukan tiket pesawat di HP saat cek in di bandara.

Semua pesawat baik Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Air Asia, Citilink, dan maskapai lainnya mewajibkan penumpang untuk cek in sebelum naik ke pesawat.

Salah satu fungsi dari Cek in pesawat adalah untuk menentukan tempat duduk penumpang.

Cara Cek In Pesawat baik Lion Air, Garuda, Air Asia, Citilink, dan Maskapai Lainnya

Cek in pesawat dilakukan sebelum kita naik ke pesawat. Setelah cek in pesawat, kita nanti akan mendapatkan boarding pass, berupa selembar kertas yang isinya antara lain memuat waktu boarding/masuk ke pesawat, nomor kursi, nama penumpang, nomor pesawat, bandara asal dan bandara tujuan, nomor tiket (untuk Garuda), dan informasi penting lainnya.

Saat cek in pesawat juga kita bisa mendaftarkan barang bawaan kita yang berat-berat untuk dimasukkan ke bagasi, dengan berat maksimum yang telah ditentukan (ada yang 10 kg ada yang 20 kg, dll).

Sebelum Cek In Pesawat, siapkan dulu berkas berikut:

  • Kartu Identitas (KTP/SIM/dan kartu identitas lain).
  • Tiket Pesawat/e tiket Traveloka/Tiket.Com/Airy Rooms, dll.
  • Jika tidak ada tiket atau etiket, bisa menggunakan kode booking baik di sms atau dengan menunjukan tiket pesawat dengan HP.

Setelah berkas atau dokumen yang diperlukan telah lengkap, kini kita bisa melakukan check in pesawat baik cek in pesawat secara online maupun check in di bandara dengan kode booking/eticket.

Mencetak tiket gak harus dilakukan kok, karena dengan menunjukkan etiket atau kode booking lewat HP saja sudah bisa cek in dan masuk ke pesawat.

Yang penting jangan lupa untuk bawa kartu identitas. Ini penting banget. Pastikan kartu identitas sama namanya dengan yang ada di tiket.

Cara cek in pesawat Online

Maskapai penerbangan macam Garuda dan Sriwijaya menyediakan layanan Check In Pesawat Garuda dan Sriwijaya secara online.

Gak cuma Garuda dan Sriwijaya saja sih sebenarnya, Lion Air, Air Asia, Citilink, dan maskapai lainnya juga menerima cara cek in pesawat secara online.

cara cek in pesawat
cara cek in pesawat Garuda secara online

Untuk informasi selengkapnya silakan klik link berikut:

  • cara check in pesawat lion air langsung masuk ke situs ini.
  • cara check in pesawat citilink online langsung kunjungi link ini.
  • cara cek in pesawat Garuda Indonesa secara online langsung saja klik di sini.
  • cara cek in pesawat online Sriwijaya Air langsung kunjungi situs ini.
  • cara chek in pesawat online air asia silakan kunjungi link ini.

Sebelum cek in pesawat secara online, baca dulu persyaratan dan waktu kapan dimulai dan tutup cek in pesawat online di masing-masing maskapai karena ketentuannya berbeda-beda.

Cara check in di bandara dengan e-ticket atau dengan kode booking

Selain cek in pesawat online, kita juga masih bisa cek in pesawat secara manual dengan cara menggunakan e tiket traveloka/tiket.com/airy rooms (tunjukan etiket ke petugas cek in), atau menggunakan kode booking yang ada di HP, gak perlu diprint.

Cara cek in secara manual ini cukup dengan menunjukkan tiket pesawat dengan hp/kode booking disertai dengan kartu identitas, maka petugas maskapai akan memproses cek in kita.

Setelah itu kita akan dikasih boarding pass oleh petugas.

Cara cek in pesawat menggunakan mesin cek in

Cara cek in pesawat yang ketiga yaitu bisa dengan menggunakan mesin check in. Mesin check in ini digunakan untuk cek in pesawat tanpa bagasi.

Untuk pengguna Maskapai Garuda Indonesia di Terminal 3 Ultimate tentunya gak asing lagi menggunakan mesin chek in ini untuk cek in pesawat tanpa melalui loket.

Bagi penumpang pesawat yang transit agar menghubungi petugas maskapai yang bersangkutan saat turun dari pesawat.

Demikian saja informasi Cara Cek In Pesawat Online dan Offline (Lion Air, Garuda, Air Asia, dll) dari jumanto.net, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silakan di kolom komentar. Baca Juga: Cara Screenshot Windows di Laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *