Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP yang Pasti Valid

Jumanto.Net – Pernah ngontrakin rumah sama orang? Gimana cara cek tagihan listrik sudah terbayar atau belum? Suka was-was kan kalau-kalau yang ngontrak rumah gak bayar lalu listrik diputus. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara cek tagihan listrik lewat HP secara online yang angkanya valid karena bersumber dari PLN langsung.

Buat kalian yang suka ngontrakin rumah sama orang apalagi listriknya masih pascabayar, sering-sering cek tagihan listrik PLN kalian ya.

Jangan sampai pas cek tagihan listrik bulanan eh listrik belum dibayar, malah nunggak sampai berbulan-bulan.

Atau buat petugas sekolah dan kampus yang mau mengecek nilai pembelian listrik bulanan dari calon siswa/mahasiswa untuk menentukan SPP/UKT, gak perlu ribet-ribet minta struk pembelian token listrik atau pembayaran tagihan listrik.

Cukup cek tagihan listrik online lewat hp dan akan ketahuan berapa biaya listrik bulanan yang dibayar selama ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Secara Online Terbaru

Kali ini kita tidak membahas cara cek tagihan listrik via sms, karena sudah gak jaman lagi smsan hehehe. Sudah jamannya online.

Biaya SMS kan lebih mahal daripada biaya cek tagihan listrik online. Cuma butuh kuota aja yang makin ke sini makin murah, apalagi kuota 4G.

Dengan adanya cara ini maka kita akan tahu cara cek tagihan listrik pasca bayar, gak cuma prabayar saja. Lengkap deh pokoknya.

Berikut ini Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP resmi dari PLN:

  1. Download Apliasi PLN Mobile di Android. Bagi 100.000 pelanggan pertama yang aktivasi PLN Mobile dapat pulsa listrik gratis.
  2. Setelah terdownload dan terinstall, registrasi dulu dengan mengisi form-form isian yang diminta seperti nama, No ID Pelanggan atau Nomor Meteran, dan sebagainya. Registrasi sampai selesai.
  3. Kita juga bisa menambahkan No ID Pelanggan lain selain nomor ID Pelanggan kita agar bisa mengecek tagihan listrik lewat HP ini.
  4. Setelah kita terdaftar, Login ke Aplikasi PLN Mobile.
  5. Jika sudah login ditandai dengan adanya nama kita di paling atas, silakan pilih menu “Informasi” lalu pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.

    cara cek tagihan listrik lewat hp
    cara cek tagihan listrik lewat hp
  6. Pilih IDPEL yang mau kita cek tagihan listrik PLNnya.
  7. Setelah pilih IDPEL, maka akan muncul tagihan-tagihan listrik PLN bulanan baik yang sudah dibayar maupun yang belum dibayar.

    cek tagihan listrik online lewat hp
    cek tagihan listrik online lewat hp
  8. Selesai sudah cara cek tagihan listrik lewat HP dengan menggunakan Aplikasi PLN Mobile ini.

Selain cara cek tagihan listrik lewat HP menggunakan trik di atas, kita juga bisa cek tagihan listrik online lewat HP di situs tokopedia, sepulsa, atau bukalapak dan beberapa situs pengecekan tagihan PLN lainnya.

Tapi untuk mendapatkan angka yang valid, saya lebih prefer ke aplikasi PLN Mobile ini.

Cek tagihan listrik ini gratis tanpa biaya, cuma perlu kuota data saja.

Kita bisa cek tagihan listrik bulan ini dan bulan-bulan sebelumnya di aplikasi PLN Mobile serta bisa juga cek Nomor Token Listrik yang hilang.

Silakan langsung saja Download PLN Mobile untuk mendapatkan informasi berbagai layanan dari PLN.

Demikian cara cek tagihan listrik lewat HP Android secara online yang hasil valid langsung dari PLN. Baca juga: Cara Bayar Listrik Online.