Cara Daftar Internet Banking Mandiri Lewat ATM Lengkap

Jumanto.Net – Gimana sih cara daftar internet banking mandiri lewat ATM? Apa bedanya dengan daftar sms banking? Internet banking adalah salah satu fasilitas dari Bank Mandiri bagi nasabah yang mau transaksi secara online biar makin mudah. Ke depannya, fasilitas internet banking mandiri bakalan diganti semua menjadi Mandiri Online.

Fasilitas internet banking mandiri sudah lama saya nikmati, tapi cuma sekedar untuk ngecek saldo dan transaksi saja.

Sedangkan untuk transaksi finansial lewat internet banking mandiri baru-baru ini saya nikmati setelah saya membeli token internet banking mandiri di Kantor Cabang Bank Mandiri Cut Meutia Bandar Lampung.

Mengenai Internet Banking Mandiri

Sebelum membahas cara daftar internet banking mandiri, kalian perlu tahu juga apa itu internet banking mandiri.

Selain fitur SMS Banking Mandiri, kita juga bisa menggunakan fasilitas Internet Banking Mandiri yang memudahkan banget buat kita yang pengin melakukan transaksi secara online.

Dengan internet banking mandiri ini kita bisa cek saldo, cek transaksi, bayar listrik, bayar telepon, bayar belanja online, bayar tiket kereta, bayar tiket pesawat, dan masih banyak banget kegunaan internet banking mandiri ini.

Untuk mendaftar internet banking mandiri ini ada dua cara: cara daftar internet banking mandiri lewat ATM atau dengan datang langsung ke cabang Bank Mandiri terdekat.

Jika kita mendaftar internet banking mandiri lewat ATM, maka fasilitas internet banking mandiri kita cuma sebatas transaksi non finansial (cek saldo, cek transaksi, dll, gak bisa transfer, bayar tagihan dll).

Nah, supaya kita bisa memanfaat transaksi finansial dari internet banking mandiri, kita mesti datang ke Bank Mandiri terdekat dan membeli token internet banking.

Oh ya perlu diketahui juga, saat ini Bank Mandiri punya sistem baru namanya Mandiri Online, yang ke depannya akan menggantikan internet banking mandiri model lama dan mandiri mobile.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Lewat ATM Lengkap

Seperti telah saya sebutkan, cara mendaftar internet banking mandiri di sini ada dua cara, bisa lewat ATM atau lewat CS Bank Mandiri.

Jika kalian mau daftar internet banking mandiri lewat ATM, berikut ini langkah-langkahnya:

# Daftar internet banking mandiri via ATM

  1. Sebelum daftar internet banking lewat ATM, pikirkan dulu PIN (Acces Code) internet banking (6 angka) yang nanti akan kalian pakai saat daftar internet banking via ATM. PIN jangan sama dengan PIN ATM.
  2. Masukkan kartu ATM kalian ke mesin ATM dan masukkan PIN ATM. Jangan sampai salah PIN 3 kali berturut-turut atau diblokir.
  3. Setelah memasukkan PIN, pilih menu “Transaksi Lainnya”, kemudian pilih menu “Pendaftaran E-Banking”, dan pilih lagi “Internet Banking”.
  4. Masukkan PIN Internet Banking yang sudah kalian pilih di langkah 1 tadi. PIN ini gunanya untuk registrasi di website internet banking mandiri nantinya.
  5. Pilih “BENAR”, dan masukkan PIN sekali lagi. Pilih “BENAR” kembali.
  6. Akan ada tulisan di monitor ATM kalau pendaftaran berhasil dan keluar struk juga dari mesin ATM.

Cara daftar internet banking mandiri belum selesai, ikuti langkah selanjutnya berikut ini.

# Masuk ke website internet banking mandiri dan aktivasi

Setelah daftar internet banking mandiri di ATM, langkah selanjutnya buka internet dan akses situs internet banking mandiri di ib.bankmandiri.co.id lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih dan klik tulisan “Pengguna Baru/Registrasi Ulang” setelah masuk ke ib.bankmandiri.co.id.

    cara daftar internet banking mandiri
    cara daftar internet banking mandiri
  2. Silakan baca persyaratannya, dan klik tombol “Setuju” untuk melanjutkan aktivasi internet banking mandiri, lalu kalian akan dibawa ke pengisian Acces ID dan Acces Code, di sini kalian akan disuruh mengisikan PIN yang kalian buat di ATM tadi.
  3. Di kolom “Access ID”, isikan 16 digit nomor kartu yang ada di kartu ATM kalian. Kalau daftar lewat e-mail, masukkan access ID yang dikirimkan ke alamat e-mail kalian.
  4. Di kolom “Access Code”, isikan PIN 6 angka yang kalian buat di mesin ATM tadi.

    cara daftar internet banking mandiri lewat atm
    Cara mengisi Acces ID dan Acces Code
  5. Klik “Aktifkan”, dan akan muncul kolom user ID dan passsword.
  6. Silakan tuliskan User ID yang mau kalian pakai serta password. User ID dan Password inilah yang harus kalian ingat selamanya untuk nantinya login ke internet banking mandiri. Kalau pelupa, catat aja ya di buku hehehe.

Selesai sudah cara daftar internet banking mandiri lewat ATM. Cara menggunakan internet banking mandiri tinggal login ke ib.bankmandiri.co.id. Langkah selanjutnya jika pengin transfer lewat internet banking atau beli sesuatu, datanglah ke Bank Mandiri dan Beli Token Internet Banking Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *