Cara Naik Pesawat Pertama Kali Lion Air, Air Asia atau Maskapai Lain

Jumanto.Net – Belum pernah naik pesawat atau ini adalah pengalaman pertama naik pesawat? Cara naik pesawat pertama kali sebenarnya biasa saja kok, kak seribet yang dibayangkan, dan gak seram-seram amat, baik penerbangan langsung maupun transit, dalam negeri dan luar negeri. Jika ini adalah pengalaman pertama kali naik pesawat sendiri ke luar negeri atau dalam negeri, pastikan semua perlengkapan dan persyaratan naik pesawat dibawa jangan sampai ketinggalan.

Cara naik pesawat terbang pertama kali bisa menjadi panduan kalian yang baru kali ini akan naik pesawat terbang.

Tiket pesawat yang dirasa/terasa makin murah serta waktu perjalanan yang lebih singkat membuat penumpang pesawat makin bertambah tiap tahunnya.

Naik pesawat terbang tentu lebih nyaman dibandingkan dengan naik kapal laut yang membutuhkan waktu sampai berhari-hari.

Akan tetapi, konsekuensinya, kita harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan tiket pesawat jika kita memutuskan untuk bepergian naik pesawat.

Panduan Cara Naik Pesawat Pertama Kali: Dari Awal Sampai Akhir

Cara naik pesawat baik Lion Air, Garuda, Air Asia, Sriwijaya Air, maupun maskapai lainnya di berbagai bandara gak jauh berbeda.

Buat kalian yang belum pernah naik pesawat sebelumnya, luangkan waktu sejenak untuk membaca panduan cara naik pesawat pertama kali dari jumanto.net ini, siapa tahu berguna 😀

Baiklah, tanpa panjang lebar, silakan baca panduan cara naik pesawat pertama kali biar perjalan kalian makin nyaman dan murah 😀

1. Sebelum naik pesawat, beli tiket pesawat murah dulu biar hemat

Sebelum memutuskan untuk naik pesawat, silakan browsing dulu promo tiket pesawat murah, diskon tiket pesawat, atau promo tiket pesawat gratis dari berbagai maskapai penerbangan yang ada.

Untuk mendapatkan informasi promo tiket pesawat murah bisa dengan melihat berbagai situs reservasi tiket macam traveloka, pegipegi.com, tiket.com, airy rooms, trivago, atau berkunjung langsung ke situs maskapai.

Lihat juga media sosial mereka serta berlangganan newslatter juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan informasi tiket pesawat murah.

Baru-baru ini saya beli tiket pesawat murah di Airy Rooms, dapat diskon sebesar Rp110.000 tanpa syarat yang ribet.

cara naik pesawat
cara naik pesawat

2. Panduan naik pesawat terbang selanjutnya, setelah beli tiket, silakan Check In Pesawat Via Online

Setelah beli tiket pesawat, langkah selanjutnya adalah cek in pesawat secara online. Sebenarnya gak harus online sih, tapi cek in pesawat secara online membuat perjalanan kita lebih lancar, bisa pilih kursi sendiri juga.

Kalau bawa barang bagasi, kita tetap mesti cek in barang bagasi juga secara offline di bandara.

Panduan check in pesawat silakan baca: Cara Cek In Pesawat Online dan Offline.

3. Datang ke Bandara paling telat 1 Jam sebelum keberangkatan dan jangan lupa bawa identitas

Cara naik pesawat selanjutnya, pastikan untuk datang ke Bandara paling lambat 1 jam sebelum pesawat berangkat. Kalau berangkat lewat terminal 3 Soekarno Hatta, lebih baik 1,5 jam sebelum berangkat sudah sampai di bandara karena jalan menuju Gate Pesawat Boarding cukup jauh.

Jangan sampai datang terlambat atau kita akan ketinggalan pesawat.

4. Jangan bawa barang melebihi kapasitas, atau bakalan kena biaya tambahan

Saat datang ke bandara, perhatikan jumlah berat barang bawaan maksimal yang diijinkan oleh masing-masing maskapai.

Besar atau ukuran barang bawaan juga harap diperhatikan.

Jangan bawa barang-barang terlarang (pisau, gunting, cutter, senjata api, dll) dan barang mudah meledak (korek api gas).

5. Untuk memperlancar saat masuk ruang tunggu pesawat, lepas jaket, dompet, HP, dan sabuk/ikat pinggang

Biasanya saat mau masuk ke ruang tunggu keberangkatan pesawat/gate boarding, akan ada dua kali pemeriksaan keamanan.

Nah, daripada harus bolak-balik melepas sabuk, dompet, HP, dan jaket, lebih baik masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas.

Baru setelah ada di ruang tunggu keberangkatan, silakan pakai barang-barang tersebut setelah melewati pemeriksaan keamanan bandara.

6. Check In Manual/Offline jika belum Cek In Online

Selanjutnya, setelah masuk ke bandara, lolos lewat pemeriksaan keamanan pertama, segera menuju loket cek in pesawat jika sebelumnya belum cek in secara online.

Atau kalau ada barang bawaan yang mau ditaruh dibagasi, cek in juga untuk bagasi ini. Nanti akan dikasih kertas tanda bukti bagasi.

7. Masuk ke Ruang Tunggu sesuai Gate

Setelah cek in, kita akan mendapatkan boarding pass beserta kertas kode barang bagasi. Cara naik pesawat selanjutnya tinggal masuk ke ruang tunggu sesuai dengan Gate yang tertulis di boarding pass.

Kita biasanya akan melewati satu pemeriksaan keamanan lagi.

Perhatikan waktu jam boarding buat naik ke pesawat, jangan sampai ketinggalan.

8. Masuk ke pesawat melalui rute yang telah ditentukan

Jika jam sudah menunjukan jam boarding, akan ada penggilan bahwa penumpang disuruh naik ke pesawat lewat pintu yang telah ditentukan.

Harap perhatikan baik-baik pengumuman yang ada, jangan sampai ketinggalan pesawat, atau gak tahu kalau pesawat delay.

Terkadang tiba-tiba ada pengumuman bahwa pesawat delay atau ditunda keberangkatannya.

Saat masuk ke pesawat, petugas akan menyobek boarding pass dan mengarahkan kita menuju pesawat. Jangan sampai salah pesawat ya, nanti sampai di Papua gimana padahal tujuan ke Lampung hehehe.

9. Cara naik pesawat yang benar untuk pertama kali, perhatikan nomor kursi dan pintu masuk

Saat mau masuk ke pesawat, perhatikan nomor kursi. Biasanya akan ada pengaturan nomor sekian sampai sekian masuk lewat pintu depan dan nomor lainnya masuk lewat pintu belakang.

10. Saat duduk di kursi pesawat, pakai sabuk pengaman

Setelah masuk ke dalam pesawat, cari kursi sesuai dengan nomor kursi, letakkan barang bawaan di kabin, dan duduk lalu pakai sabuk pengaman.

Cara memakai sabuk pengaman di pesawat akan dijelaskan oleh pramugari sebelum pesawat take off/lepas landas bersamaan dengan peragaan alat-alat keselamatan lainnya.

HP biasanya diminta untuk dinonaktifkan beserta peralatan elektronik lainnya.

Dilarang merokok di dalam pesawat.

Jangan lupa berdoa ya sebelum berangkat 😀

11. Turun dari pesawat, pastikan tidak ada barang yang tertinggal

Setelah sampai di bandara tujuan, sebelum turun dari pesawat, pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Setelah turun dari pesawt, jika ada barang di bagasi, segera menuju tempat pengambilan bagasi dan ambil barang sesuai dengan milik masing-masing, jangan sampai tertukar.

Lihat kertas yang tertempel di bagasi dan yang tertempel di boarding pass, harus sama nama dan kodenya.

12. Cara naik pesawat transit, turun dari pesawat lapor ke petugas pindah pesawat

Jika kita naik pesawat transit, setelah turun dari pesawat, segera hubungi petugas pindah pesawat, nanti kita akan diarahkan menuju Gate keberangkatan pesawat selanjutnya.

Jangan langsung keluar ya.

Nah, kurang lebih itulah 12 panduan cara naik pesawat pertama kali baik Lion Air, Sriwijaya, Air Asia, Garuda, dan lain-lain. Setelah mengambil barang bagasi, kita pun sudah bisa keluar bandara dan melanjutkan perjalanan menuju tempat yang dituju.

Masih bingung dengan Cara Naik Pesawat Pertama Kali? Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kalian Harus Piknik ke Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *