3 Cara Cek Tagihan PLN Online Yang Nilainya Valid Gak Diragukan

Jumanto.Net – Untuk pelanggan listrik prabayar seperti saya, gak perlu lagi mencari cara cek tagihan PLN Online karena kita bayar listrik di muka. Bayar dulu baru pakai. Berbeda dengan pelanggan PLN pascabayar yang pakai listrik dulu baru bayar, sehingga akhirnya harus cek tunggakan listrik PLN buat mengetahui tagihan listrik bulan-bulan sebelumnya.

Mengecek tagihan PLN Online ini berguna buat kita saat mau bayar tunggakan listrik bulan-bulan sebelumnya, biar kita bisa nyiapin dulu.

Kalau kita gak tahu jumlah tagihan yang mau kita bayar kan bisa-bisa malah ditipu sama orang/tempat kita bayar tagihan listrik PLN.

Sebenarnya, cara cek tagihan PLN Online ini gak beda caranya dengan cek tagihan listrik online lewat HP dan cek tagihan listrik sudah dibayar atau belum.

Cara Cek Tagihan PLN Online Lengkap Beserta Beberapa Alternatifnya

Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing pengalaman cek tagihan PLN secara online lewat beberapa cara yang bisa kita gunakan.

Gunanya mengetahui berbagai cara ini adalah kita bisa memabandingkan apakah hasilnya valid atau tidak hasil pengecekan dari suatu situs online.

Tanpa panjang lebar, berikut ini cara cek tagihan PLN Online Lengkap:

1. Cek tagihan PLN online lewat Aplikasi PLN Mobile

Seperti telah saya tuliskan sebelumnya bahwa PLN mobile ini selain berguna untuk mengetahui Nomor Token Pulsa Listrik yang hilang, bisa juga digunakan untuk mengetahui jumlah tagihan PLN secara online.

Caranya sama saja dengan cara cara sebelumnya:

  • download dan install aplikasi PLN Mobile.
  • Registrasi serta lengkapi form isian sampai nomor rekening juga.
  • lalu login ke akun kita, tambahkan nomor rekening yang mau kita cek tagihannya.
  • pilih menu “Informasi” dan pilih lagi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”, pilih nomor ID PEL yang mau kita cek tagihannya.
  • keluarlah tagihan PLN kita baik yang sudah dibayar maupun belum.

    cek tagihan pln online
    cek tagihan pln online

Kelebihan menggunakan cara ini adalah kita bisa melihat semua tagihan baik yang sudah dibayar maupun belum sampai jangka waktu tertentu.

Cara ini hanya bisa dilakukan lewat smartphone, kalau mau lewat PC maka harus ada software untuk menjalankan aplikasi android di PC.

2. Cek tagihan PLN secara online lewat situs penyedia layanan bayar tagihan PLN dan beli Token PLN.

Cara cek tagihan PLN online yang kedua yaitu melalui jasa situs ecommerce, marketplace, atau situs yang menjual token listrik dan bayar tagihan PLN online.

Situs-situs tersebut di antaranya:

  • tokopedia.
  • bukalapak.
  • sepulsa.
  • bebas bayar.

Cara cek tagihan PLN secara online yang kedua ini bisa dilakukan baik lewat PC komputer maupun HP, baik menggunakan aplikasi di android atau IOS maupun lewat website.

Cara cek tagihan PLN online lewat situs-situs di atas:

  • Buka situs resmi tokopedia, bukalapak, sepulsa, bebas bayar, dll atau lewat aplikasi android.
  • Cari menu Bayar Tagihan PLN.
  • Masukkan Rekening Listrik kita/ID PEL/No Meteran.
  • Klik Bayar, maka akan keluar tagihan listrik PLN kita.
  • Kalau sudah dibayar akan ada tulisan “Tagihan Telah Terbayar“. Jika belum dibayar akan keluar jumlah tagihan beserta rincian per bulannya.

    cara cek tagihan pln online
    cara cek tagihan pln online di bukalapak

3. Cara cek tagihan PLN secara online lewat situs cek tagihan PLN

Terakhir kita bisa juga cek tagihan PLN secara online lewat situs khusus untuk cek tagihan PLN secara online seperti cekbill.com.

Kalau dulu PLN juga ada situs resminya yang bisa menerbitkan ebilling PLN, tapi sekarang sepertinya sudah gak jalan lagi.

Selain ketiga cara tersebut kita juga bisa memanfaatkan pln 123 cek tagihan listrik

Cara mengecek tagihan listrik PLN selanjutnya adalah dengan menghubungi PLN 123 baik lewat Telepon maupun lewat Email.

Nah kiranya itu saja 3 Cara Cek Tagihan PLN Online yang nilainya Valid dapat dipercaa dari Jumanto.Net mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *