Kampung Kurcaci Purbalingga yang Indahnya Nyata

Jumanto.Net – Sudah pernah main ke Kampung Kurcaci Purbalingga? Tempat wisata kekinian di Purbalingga ini recommended banget buat kalian kunjungi. Gak cuma menikmati berbagai wahana yang ada seperti Rumah Kurcaci, kita juga bisa main ke Air Terjun/Curug Lawang yang lokasinya gak jauh dari Kampung Kurcaci.

Pengalaman saat jalan-jalan menuju Kampung Kurcaci Purbalingga, saya langsung terkesan dengan suasana alamnya. Tempat wisata di Purbalingga ini membuat saya langsung jatuh hati pada pandangan yang pertama.

Saat saya berkunjung ke Kampung Kurcaci Purbalingga ini, fasilitasnya memang belum selengkap sekarang dan lahan parkirnya pun masih tanah, baru mau disemen.

Sekarang, dijamin bakalan lebih memukau deh kalau jalan-jalan ke Kampung Kurcaci ini. Ah, jadi rindu sama Purbalingga 😀

Baca juga: Kebun Bunga Kutabawa yang lagi Ngehits.

Alamat Kampung Kurcaci Purbalingga

kampung kurcaci purbalingga
kampung kurcaci

Alamat lengkap Kampung Kurcaci berada di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Lokasi rumah Kurcaci Purbalingga ini gak jauh dari Rest Area Serang (sebelum Rest Area kalau dari arah Kota Purbalingga).

Rute menuju Kampung Kurcaci Purbalingga gampang banget. Setting saja Google Maps, ketikkan tujuan kalian ke Kampung Kurcaci Purbalingga, lalu jangan lupa save rute Google Maps secara offline ya, karena terkadang sinyal internet di sana hilang 😀

Buat kalian yang datang dari Purwokerto atau dari Pemalang pun gampang banget buat sampai ke sini.

Saat sudah sampai di Desa Serang, di sebelah kanan jalan dari arah Purbalingga, nanti di sebelah kanan ada penunjuk jalannya kok menuju Kampung Kurcaci Serang Purbalingga.

Cuma jalan beberapa meter saja, parkir kendaraan, lalu beli tiket masuk, dan puaslah jalan-jalan kita di Kampung Kurcaci Desa Serang.

Oh ya, harga tiket masuk Kampung Kurcaci Purbalingga murah banget lho, cuma 5 ribu rupiah sudah termasuk asuransi.

Enaknya Jalan-jalan di Wisata Alam Kampung Kurcaci Purbalingga Jawa Tengah

Akhir tahun 2016 lalu akhirnya saya punya kesempatan mudik ke Purbalingga. Kesempatan ini gak saya sia-siakan.

Sesampai di Purbalingga, tujuan wisata pertama saya adalah Kampung Kurcaci ini, setelah itu baru jalan-jalan ke Rest Area Serang kemudian hari berikutnya jalan-jalan juga ke Desa Panusupan, Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.

Waktu itu wahananya memang belum sebanyak sekarang, tapi liburan kami di Kampung Kurcaci Serang tetap berasa berkesan banget.

Belum masuk saja, kami sudah disambut hangat dengan aliran air sungai membentuk air terjun mini, yang jarang banget saya jumpai di Lampung.

Airnya jernih banget dan keren banget deh pokoknya.

sungai kampung kurcaci purbalingga
sungai kampung kurcaci purbalingga

Setelah main-main sebentar di kali yang jernih ini, kami kemudian membeli tiket masuk. Alya sama Fikih gak dikenakan tiket masuk, jadi kami cuma bayar 2 saja, buat saya dan mama, masing-masing 5 ribu per orang.

Begitu masuk, Alya sama Fikih yang lihat rumah pohon langsung naik ke rumah pohon di Kampung Kurcaci. Ada banyak rumah pohon di sini dan semuanya Alya cobain.

Puas bermain di rumah pohon kampung kurcaci, kami kemudian penasaran dengan area camping Kampung Kurcaci, setelah itu Alya sama Fikih minta naik hammock, per orangnya bayar 5 ribu rupiah.

camping ground
camping ground
hammock kampung kurcaci
hammock kampung kurcaci

Wuih, ceria banget mereka berdua main hammock di Kampung Kurcaci ini.

Setelah Alya puas main hammock, karena belum foto-foto di Rumah Kurcaci, kami pun langsung mencari lokasi rumah kurcaci di Kampung Kurcaci Purbalingga ini, yang katanya mirip-mirip seperti Kampung Kurcaci Bandung.

rumah kurcaci purbalingga
rumah kurcaci purbalingga
kali dekat rumah kurcaci
kali dekat rumah kurcaci

Waktu itu baru ada dua rumah kurcaci di Kampung Kurcaci Serang Purbalingga.

Sayangnya, susah banget jagain anak kecil dua, lari-lari terus, jadinya kurang puas foto-foto di rumah kurcacinya hehehe.

Setelah puas mengelilingi berbagai wahana yang ada di Kampung Kurcaci, terakhir kami beli tiket masuk ke Curug Lawang, per orangnya 2 ribu rupiah.

Kurang lebih jalan kaki selama 15 menit, sampailah kami di Curug Lawang yang ternyata sudah sepi pengunjung, tinggal penjaga aja 😀

curug lawang
curug lawang

Alya sama Fikih mandi di Curug ini, sampai kedinginan.

Gak lupa juga dong kami foto-foto di sini 😀

Karena hari sudah semakin sore dan si krucil-krucil juga sudah menggigil, kami pun kemudian kembali ke areal Kampung Kurcaci Purbalingga, isi perut di kantin, makan sroto yang menjadi makanan favorit saya, lalu melanjutkan jalan-jalan sore ke Rest Area Serang.

Finally, jalan-jalan kami ke Kampung Kurcaci Purbalingga berkesan banget, indahnya nyata, bukan dibuat-buat. Recommended deh buat dikunjungi.

Buat kalian yang mau jalan-jalan ke Kampung Kurcaci Purbalingga, catet ya, tempat wisata ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *