Pengalaman Liburan ke Jogja Bersama Keluarga dari Lampung

Jumanto.Net – Punya pengalaman liburan ke Jogja bersama keluarga? Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah tempat yang unik, menarik, bersahabat, nyaman, dan murah tentunya. Mengunjungi Jogja memang ada perasaan spesial tersendiri, wajar jika Jogja disebut sebagai daerah Istimewa.

Terkait dengan pengalaman liburan ke Jogja bersama keluarga, saya juga punya cerita singkat liburan ke Jogja yang mau saya ceritakan di sini.

September 2015 lalu saya bersama mama dan Alya, jalan-jalan ke Jogja sebelum mudik ke rumah orang tua di Purbalingga.

Sekalian menyelam minum air hehehe, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Jogja dulu. Dari Lampung ke Jogja kami memutuskan untuk ngeteng.

Waktu itu belum ada penerbangan pesawat Lampung-Jogja langsung, adanya pesawat transit di Jakarta sebelum ke Jogja. Kalau sekarang sudah makin mudah saja, pesawat Lampung-Jogja sudah ada sehari sekali dengan waktu tempuh cuma 1 jam lewat.

Untuk bus Lampung Jogja ada Damri, Sinar Jaya, dan masih banyak lagi bus-bus yang melayani rute Lampung – Jogja.

Buat menghemat pengeluaran, pilihan liburan dari Lampung ke Jogja lewat jalur darat dengan ngeteng adalah pilihan terbaik. Butuh waktu sekitar 1 hari 1 malam dari Lampung ke Jogja lewat jalur darat.

Pengalaman Liburan ke Jogja bersama Keluarga

Kami bertiga berangkat dari Lampung menggunakan bus umum dari Rajabasa ke Pelabuhan Bakauheni (sekitar 3 jam), kemudian naik kapal menuju pelabuhan Merak sekitar 2,5 jam waktu penyeberangan.

Dari Merak, kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Pulogadung, turun sebelum terminal, dan dilanjutkan dengan ojek menuju Stasiun Pasar Senen.

Dari Pasar Senen, barulah kami naik kereta menuju Stasiun Kota Yogyakarta.

Turun dari Stasiun Kota, kami naik Trans Jogja kemudian turun di Pugeran menuju Pondok 71, salah satu penginapan murah yang ada di Jogja yang kami pilih buat menginap selama beberapa hari.

Oh ya, buat kalian yang mau mencari penginapan murah di Jogja, buka saja Traveloka, Airy Rooms, atau situs reservasi lainnya, di situ banyak banget hotel budget dengan tarif antara 50 ribu sampai dengan 100 ribuan.

Masih banyak kita jumpai penginapan murah di Jogja, enak pokoknya liburan ke Jogja.

Menginap di Pondok 71 Jogja

Penginapan yang kami pilih waktu liburan ke Jogja adalah Pondok 71. Tarif 100 ribuan. Sayangnya dapat kamar yang banyak banget nyamuknya.

Kurang recommended tempat ini buat menginap.

Lokasi mudah dijangkau, menyediakan sewa motor juga, sayangnya kamar banyak nyamuk dan pemilik kurang ramah.

Mengunjungi tempat wisata di Jogja

Ashar kami baru sampai di Pondok 71 Jogja. Setelah mandi, kami cari makan sore.

Esoknya, kami pun mulai berkunjung ke tempat wisata yang ada di Jogja. Setelah sarapan gudeg di daerah Malioboro, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan.

pengalaman liburan ke jogja
pengalaman liburan ke jogja

Oh ya, buat jalan-jalan di Jogja, kami memutuskan buat sewa motor di Pondok 71. Tarifnya 70 ribu per hari, dapat motor Vario.

Banyak banget kok yang menyediakan sewa motor di Jogja, beda dengan sewa motor di Lampung yang gak akan kita dapetin, maklum, rawan begal 😀

Seharian mengunjungi Candi Prambanan ternyata kurang puas lho. Kompleknya ternyata luas banget, sampai candi Sewu.

Kami belum sempat jalan-jalan ke Candi Ratu Boko dan sekitarnya.

Setelah jalan-jalan ke Candi Prambanan, esoknya kami mengunjungi Taman Pintar Jogja dan Benteng Vredeburg.

Banyak anak-anak sekolah yang berkunjung ke Taman Pintar Jogja. Kebanyakan mereka study tour ke Jogja untuk acara sekolah, kemudian bikin karya tulis.

Cukup menarik juga Taman Pintar Jogja buat liburan bersama anak, bisa mengenalkan mereka pada sains. Banyak praktik peralatan sains di sini, hampir mirip dengan yang ada di Sanggaluri Park, cuma ini lebih lengkap.

Puas keliling Taman Pintar Jogja, siang kami lanjutkan ke Benteng Vredeburg, bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Berkunjung ke Jogja kurang mantap kalau gak main ke Benteng Vredeburg 😀

Dua hari jalan-jalan di Jogja, rasanya kurang puas banget, belum banyak yang bisa dieskplore. Saya masih ada rencana buat liburan ke Jogja lain kali, insyaa Allah hehehe.

Yah, itu saja cerita singkat liburan ke Jogja kami. Petualangan kami di Candi Prambanan dan Taman Pintar bisa baca di blog saya yang satunya, jumanto.com.

Silakan bagikan juga Pengalaman liburan ke Jogja kalian ya hehehe. Baca Juga: Tempat wisata di Purbalingga yang kece-kece.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *