Pulsa Listrik 20 Ribu Berapa KWh? Ini Daftar dan Cara Menghitungnya

Jumanto.Net – Beli Pulsa Listrik 20 ribu berapa KWh sih yang didapat? Nominal pulsa 20 ribu merupakan nominal terkecil dari token listrik yang disediakan oleh PLN. Token listrik 20 ribu biasanya dibeli sama orang yang ngontrak rumah, biar gak kebanyakan, isinya 20 ribu saja.

Sebelum listrik naik, pulsa listrik 20 ribu mungkin dapat banyak KWh, namun sejak listrik naik di tahun 2017 ini yang nilai kenaikannya hampir tiga kali lipat, maka jumlah KWh yang dibeli dengan nominal pulsa listrik 20.000 makin sedikit saja.

Kalau saya pribadi, mendingan beli pulsa listrik sekalian 200.000 saja dibandingkan beli 20.000 sampai sepuluh kali, karena akan lebih hemat biaya adminnya.

Kecuali beli pulsa PLN Murah tanpa biaya admin, maka mau beli berapa pun gak terlalu pengaruh, karena sama-sama gak kena biaya admin.

Harga pulsa listrik di semua tempat baik Indomaret, Alfamart, bukalapak, tokopedia, dll sebenarnya sama saja, yang membedakan cuma biaya adminnya saja.

Kecuali beli pulsa listrik di Shopee, bisa dapat harga lebih murah dibandingkan dengan nilai nominal pulsa.

Cara Menghitung Pulsa Listrik 20 Ribu Berapa KWh

Dengan nominal pulsa yang sama, jumlah KWh yang didapat antara satu daerah dengan daerah lainnya gak sama karena perbedaan tarif Pajak Penerangan Jalannya (PPj) yang merupakan salah satu komponen di dalam harga token listrik PLN.

Rumus untuk menghitung jumlah KWh yang didapat adalah sebagai berikut:

PPh yang Didapat = (Nominal pulsa – PPj) : Tarif Listrik per KWh

Sedangkan besarnya PPj = Tarif PPj x Nominal Pulsa.

Misalkan saja di Lampung, tarif PPj = 8%.

Dengan demikian kalau beli pulsa listrik 20.000, besaran PPj = 8% x 20.000 = 1.600.

Pulsa listrik 20 ribu dapat berapa KWh kalau di Lampung?

Tinggal hitung saja pakai rumus di atas. Anggaplah saya pakai listrik R1M 900 yang tarif per KWhnya 1.352. Tarif pulsa listrik per KWh dapat dilihat pada tabel berikut:

pulsa listrik 20 ribu berapa kwh
pulsa listrik 20 ribu berapa kwh

KWh yang didapat = (Nominal Pulsa – PPj) : Tarif Listrik per KWh

= (20.000 – 1.600) : 1.352

= 18.400 : 1.352

= 13,6 KWh.

Dari rumus di atas kalian bisa menghitung sendiri pulsa listrik 100 ribu berapa kwh 2017, beli token listrik 50 ribu dapat berapa kwh 2017, serta harga pulsa listrik dan jumlah kwh yang didapat lainnya.

Beli pulsa listrik 20 Ribu dapat sedikit banget kan KWh nya? Besaran KWh yang didapat di kota kalian mungkin lebih besar dari tempat saya (Lampung) karena tarif PPj kalian mungkin lebih kecil.

Nah, kalau sudah hitung menggunakan rumus di atas, beli Pulsa Listrik 20 Ribu Berapa KWh di kota kalian? Baca Juga: Kenapa Isi Token Listrik Selalu Gagal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *