Kuliah Jurusan Akuntansi di Universitas Terbuka Tuh Enak Banget :D

jurusan akuntansi di universitas terbuka

jumanto.net – Buat kalian yang mau masuk PGSD UT, mungkin nyari tahu dulu akreditasi universitas terbuka PGSD, sama seperti saat saya mau masuk ambil jurusan Akuntansi di Universitas Terbuka, saya pun nyari info akreditasinya, dan alhamdulillah sudah B, jadi saya ambil S1 Akuntansi UT tahun 2013 lalu.

Pengalaman kuliah di UT tentu jauh berbeda dengan kuliah di STAN, atau kuliah di kampus lain. Kuliah di UT butuh kemandirian belajar, harus ada kemauan sendiri, jika ingin lulus dan mendapatkan nilai memuaskan.

Alhamdulillah, lulus dari UT saya bisa dapat IPK di atas 3,7.

Mau lanjut kuliah ambil jurusan S2 di UT?

Gak lah, saya sudah capek kuliah, mau fokus belajar ngeblog aja, mudah-mudahan rencana saya keluar dari PNS bisa kesampaian, nunggu gaji di luar minimal 2 kali lipat dari gaji di kantor selama ini hehehe.

Ada beberapa anggapan bahwa lulusan universitas terbuka susah cari kerja. Benar apa gaknya, saya kurang tahu, karena saya masuk UT saat saya sudah bekerja menjadi PNS.

Tapi, jika kalian mengambil kuliah di Universitas Terbuka pendidikan Bahasa Inggris, saya yakin ilmu kalian bakalan kepakai banget, hari gini mana ada sih yang gak butuh sama Bahasa Inggris?

Serba-serbi Jurusan Akuntansi di Universitas Terbuka

Ada banyak banget jurusan di Universitas Terbuka, yang terbagi ke dalam beberapa fakultas. Informasi jurusan yang ada di UT bisa kalian baca di artikel saya yang ini: Info Jurusan UT Untuk Mempermudah Saat mau Kuliah di UT.

Untuk FKIP UT, kalian bisa menjadi guru setelah lulus dari UT, termasuk mendaftar CPNS, jadi gak usah khawatir.

Jurusan FMIPA UT ada Matematika, Statistika, Biologi, dan sementara belum saya lihat ada jurusan Fisika atau Kimia.

Sedangkan untuk jurusan bisnis di UT, kalian bisa masuk ke FISIPOL ambil jurusan Ilmu Administrasi Bisnis (S1). Atau bisa juga ambil Imu Komunikasi UT di FISIPOL UT juga.

Jika ingin mengambil Pasca Sarjana di UT, setidaknya sudah ada 6 jurusan S2 di UT yang bisa diambil, mulai dari Manajemen sampai Bahasa Inggris, tapi biaya kuliah S2 di UT terbilang mahal juga.

Baca Juga: Biaya Kuliah Universitas Terbuka.

Ambil jurusan Akuntansi di UT

Karena saya berasal dari DIII Kebendaharaan Negara STAN, biar nyambung, saat kuliah di UT, saya pun ambil jurusan Akuntansi, dan itu memang jauh lebih mudah dicerna, karena saya sudah pernah mendapatkan materi akuntansi sebelumnya di STAN.

Kuliah jurusan Akuntansi di Universitas Terbuka menurut saya tidak susah, asal mau belajar saja. Akuntansi Lanjutan (Advanced) sekalipun sebenarnya gak susah, asal mau baca dan mengerjakan latihan soal.

Harus punya modul

Memiliki modul sendiri saat kuliah jurusan Akuntansi menurut saya wajib. Kalau gak punya, bisa pinjam sama teman.

Soal-soal ujian di UT, semuanya diambil dari modul, dan asal mau baca, insya Allah nilai bakalan bagus.

Oh ya, jangan lupa, pakailah modul edisi terbaru ya, karena biasanya ada revisi modul. Kalau gak pakai modul terbaru, biasanya ada materi lain yang gak ada di modul lama dan bisa saja malah keluar di soal ujian.

Ujian di UT tuh enak banget, bisa online langsung keluar nilai

Ujian semester di UT pun enak, bisa ujian online (SUO: Sistem Ujian Online), nilai langsung keluar, atau ujian manual dengan melingkari pakai pensil di lembar jawaban.

Jika memilih SUO, ada biaya tambahan. Saat saya kuliah di UT, biaya SUO 40 ribu rupiah per mata ujian.

Kita juga bisa mengikuti dua-duanya, baik ujian manual dan SUO, nanti nilai terbaik yang bakalan diambil. Enak kan?

Soal ujiannya berbentuk pilihan janda eh ganda, jadi semua orang pasti bisa jawab hehehe.

Kalau gak tahu jawabannya, tinggal hitung kancing saja, pasti selesai, tapi jangan tanya nilai 😀

Sistem kuliah jurusan Akuntansi juga mudah banget, karena gak perlu ada pertemuan. Kuliah dilakukan secara online untuk semua mata kuliah.

Di mana saja bisa kuliah, mau di Purwokerto, Pacitan, Tangerang, Jakarta, Manado, atau di manapun, asal ada koneksi internet.

Itulah istimewanya kuliah di UT.

Adakah Universitas Terbuka Jurusan Komputer?

Sejauh yang saya tahu sampai saat ini, belum ada jurusan Komputer di UT. Yang ada baru Ilmu Komunikasi atau Teknologi Pendidikan.

Suatu saat bisa saja ada jurusan komputer di UT.

Begitu juga dengan Universitas Terbuka jurusan farmasi yang belum tersedia di kampus negeri milik pemerintah ini.

Nah, itu saja cerita sedikit tentang jurusan Akuntansi di UT serta info jurusan di UT lainnya. Baca juga: Jadwal pendaftaran universitas terbuka 2018/2019 jika kalian mau masuk UT.