Kuliah Online di Indonesia, Enaknya Belajar Mandiri Tanpa Terikat Waktu dan Tempat

Jumanto.net – Kuliah Online di Indonesia, Enaknya Belajar Mandiri Tanpa Terikat Waktu dan Tempat. Pernah kuliah Online? Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, kuliah online telah menjadi salah satu gaya belajar yang mulai diterapkan di Universitas atau Perguruan Tinggi di Indonesia.

Kuliah Online biasa juga disebut dengan kuliah jarak jauh, sekolah jarak jauh, dan kuliah tanpa tatap muka.

Kuliah online ini merupakan cara belajar di mana antara mahasiswa dan pengajar tidak bertemu tatap muka dalam suatu tempat, melainkan pertemuannya dengan menggunakan alat teknologi informasi.

Pada dasarnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah mempraktikkan kuliah online. Setiap hari kita mencari informasi banyak hal yang ada di internet, belajar secara mandiri, membaca artikel blog, dan itu sebenarnya tergolong juga kuliah online, hanya saja proses kuliah atau belajarnya tidak formal dan tidak ada kurikulum atau panduan yang terstruktur.

Kuliah online saya yakin bukanlah hal yang sulit untuk diikuti oleh kita, bahkan bisa jadi merupakan hal yang sangat diperlukan bagi kita yang ingin kuliah dengan waktu dan tempat yang fleksibel, terutama bagi para karyawan.

Keuntungan Kuliah Online

 

kuliah online
situs kuliah online Binus

Kuliah Online yang mulai dikenal sejak tahun 1960 ini, kini sudah banyak dicari para calon mahasiswa di Indonesia. Semakin ke sini, semakin banyak calon mahasiswa yang berminat dengan cara kuliah online. Hal ini tentu karena kuliah online ini memiliki berbagai keuntungan.

Keuntungan kuliah online di antaranya:

1. Kuliah online sangat fleksibel, terutama buat karyawan.

Kuliah online memberikan fleksibilitas bagi para mahasiswanya sehingga mahasiswa pun lebih bebas dalam menentukan waktu dan tempat dalam menjalankan kuliahnya.

Buat karyawan atau pegawai, kuliah online merupakan pilihan yang tepat karena lebih mudah membagi waktu kapan saatnya kerja dan kapan saatnya belajar.

Gak terbayang kan capeknya, kalau pulang kerja harus kuliah tatap muka sampai malam setiap hari?

Nah, dengan kuliah online ini, kita tidak harus datang ke kampus untuk kuliah sepulang kerja, tapi kita bebas mau belajar kapan saja dan di mana saja.

2. Kuliah online menjangkau berbagai pelosok tanah air.

Dengan fleksibilitas dari kuliah online, kuliah online akhirnya dapat menjangkau semua wilayah di Indonesia, tanpa terbatas oleh jarak dan waktu, asalkan ada fasilitas teknologi informasinya (jaringan internet, komputer, dll).

Tidak heran jika Universitas Terbuka sebagai salah satu Universitas yang menerapkan Kuliah Online di Indonesia dinilai memberikan kontribusi cukup besar terhadap pendidikan Indonesia.

3. Biaya kuliah online lebih terjangkau dibandingkan dengan kuliah tatap muka.

Semua orang juga tahu betapa mahalnya biaya pendidikan sekarang. Nah, buat kita yang pengin kuliah tapi terbatas biayanya, bisa mencoba kuliah online karena biayanya bisa dibilang lebih murah dibandingkan saat kita harus kuliah tatap muka.

4. Gelar dan Ijasah kuliah online yang didapat sama saja dengan yang kuliah tatap muka

Meskipun kuliahnya online, tapi gelar dan ijasah yang kita dapat sama saja kok dengan yang didapat dengan kuliah tatap muka. Saya sendiri pernah punya pengalaman kuliah online S1 Universitas Terbuka dan alhamdulillah lulus dengan gelar dan ijasah yang legal dan akreditasi jurusan yang cukup baik (Akuntansi UT saat saya kuliah akreditasinya B).

Di Mana Bisa Kuliah Online?

Berdasarkan pengalaman saya, Universitas yang menggelar kuliah online yang pertama adalah Universitas Terbuka (UT). Sebenarnya ada dua pilihan saat kuliah UT, apakah mau tatap muka atau kuliah online (tutorial online).

Karena status saya PNS dan rasanya gak sanggup kalau harus berangkat ke kampus sepulang kerja, maka saya memilih kuliah online/tutorial online di Universitas Terbuka.

Universitas lainnya yang saya baca di internet menggelar kuliah online di antaranya:

  • Kuliah online Universitas Indonesia.
  • Kuliah online ITB.
  • Kuliah online Unikom.
  • Kuliah online Binus.
  • Kuliah online Undip.
  • dan masih banyak lagi, silakan dicek masing-masing kampus.

Di instansi tempat saya bekerja sekarang, BPKP, ada juga sistem diklat secara online yang bernama “elearning Pusdiklatwas BPKP

Nah, setelah membaca “Kuliah Online di Indonesia, Enaknya Belajar Mandiri Tanpa Terikat Waktu dan Tempat“, kira-kira mana yang mau Anda pilih, kuliah online atau offline? Tentukan pilihan Anda.

Baca Juga: Kuliah Ikatan Dinas Gratis di Indonesia Lulus Langsung Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *