Cara Screenshot di Laptop Lenovo, Acer, Asus dll untuk Windows Terbaru

Jumanto.Net – Cara Screenshot di Laptop Lenovo, Acer, Asus dll untuk Windows Terbaru. Cara screenshot di laptop windows 8, windows 10, maupun versi lama windows 7 sebenarnya sudah banyak di bahas. Namun, gak ada salahnya saya berikan tutorialnya di sini, supaya kalian punya banyak alternatif buat mengambil screenshot layar di laptop kalian.

Screenshot sendiri merupakan salah satu cara untuk menyimpan tampilan layar komputer atau layar laptop yang kemudian disimpan dalam suatu file, biasanya berbentuk gambar, entah itu .gif, .jpeg, .jpeg, .png, dan format gambar lainnya.

Cara Screenshot di Laptop baik laptop merk Lenovo, Acer, Asus, Dell, Zyrex, Toshiba, HP, maupun tipe laptop lainnya tentu berbeda dengan cara screenshot Samsung HP Android, cara screenshot Asus HP Android, cara screenshot HP Xiaomi, dan cara screenshot smartphone lainnya.

Pada artikel kali ini, akan saya urutkan beberapa cara Screenshot di Laptop dari yang paling mudah menurut saya sampai yang membutuhkan aplikasi screenshot laptop.

5 Cara Screenshot di Laptop baik Lenovo, Acer, Asus Dell, dan Komputer/PC lainnya untuk Windows 7, 8, 10 Terbaru

Tutorial cara screenshot di Laptop kali ini saya batasi hanya untuk cara screenshot di laptop windows 10, windows 7, dan windows 8.

Saya tidak membahas cara screenshot di komputer windows XP atau di Mac OS dan Linux atau OS lainnya.

Setidaknya ada 5 cara screenshot di Laptop yang biasanya kita gunakan untuk mengambil capture gambar di tampilan monitor laptop.

Berikut ini 5 cara screenshot di Laptop dari yang paling mudah versi jumanto.net:

1. Cara screenshot di Laptop menggunakan Snipping Tool Bawaan Windows

Cara screenshot di Laptop yang pertama adalah menggunakan aplikasi Snipping Tool bawaan dari Windows baik Windows 7, 8 maupun 10.

Hanya ada sedikit perbedaan cara penggunaan Snipping Windows antara Windows 7, 8, dan Windows 10.

Untuk screenshot di Windows menggunakan Snipping Tool, caranya:

  • Buka aplikasi Snipping Tool. Bisa dengan klik tombol Windows di keyboard, ketikkan snipping tools.
  • pilih jenis snipping, apakah mau free-form, rectangular, window, maupun full screen. Silakan dicoba-coba untuk tahu perbedaan hasilnya.
  • setelah pilih jenis snipping tool, klik/drag bagian mana yang mau diambil screenshot.
  • jangan lupa simpan hasil screenshot di laptop atau komputer menggunakan snipping tool. Berikut ini contoh screenshot menggunakan snipping tool.
cara screenshot di windows paling mudah
cara screenshot di windows paling mudah

2. Cara screenshot pada laptop menggunakan Print Screen di keyboard (Windows 7)

Cara kedua untuk screenshot pada laptop yaitu dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard laptop atau komputer.

Cara screenshot di Windows 7 menggunakan Print Screen ada dua cara:
  • Tekan Tombol “Prt Scr“, “Print Scr“, “Prnt Scr” atau yang sejenisnya di keyboard (letaknya biasanya di paling atas agak ke kanan). Setelah itu buka Aplikasi Paint di komputer, setelah Paint kebuka, klik Ctrl + V atau klik “Paste“. Screenshot pun sudah diambil. Berikut ini contohnya.

    cara screenshot di laptop
    cara screenshot di laptop
  • Cara yang kedua, hampir sama dengan cara di atas, hanya saja kali ini kita tekan tombol Alt + Prt Scr. Cara selanjutnya sama di atas. Beda cara kedua dengan cara pertama tadi, cara kedua ini hanya mengmbil screenshot windows yang aktif saja. Taskbar yang saya garis merah diatas gak akan ada di screenshot jika menggunakan Alt + Print Screen.

3. Cara screenshot di laptop windows 10 dan 8

Untuk screenshot di Windows 8 dan Windows 10, sedikit berbeda dengan Windows 7 jika menggunakan Print Screen di Keyboard, karena caranya justru lebih mudah.

Cara screenshot di Windows 10 dan 8 yaitu dengan menekan tombol Windows + Print Screen (Prt Scr) di keyboard secara bersamaan.

Layar laptop atau komputer pun akan berkedip yang menandakan proses screenshot berhasil, lalu akan terbentuk file hasil screenshot di folder C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

Sangat mudah, tidak memerlukan aplikasi Screenshot Windows, langsung terbentuk file hasil screen shot.

4. Cara screenshot di komputer menggunakan Microsoft OneNote

Buat kalian yang menggunakan microsoft OneNote, kalian bisa juga screenshot di komputer pc menggunakan cara berikut:

  • Klik Tombol Windows + S di keyboard komputer.
  • Gerakan mouse untuk menentukan layar mana yang mau diambil screenshot.
  • Setelah mouse selesai digerakan, akan muncul hasil screenshot di Office OneNote. Berikut ini contohnya:

    cara screenshot pada laptop
    cara screenshot pada laptop

5. Cara screenshot di PC menggunakan Aplikasi

Cara terakhir untuk screenshot pada PC Komputer atau laptop baik Lenovo, Acer, Asus, Toshiba, Dell, dan lainnya adalah dengan menggunakan Aplikasi.

Salah satu aplikasi Screenshot pada komputer adalah PicPick. Silakan download saja versi gratisnya karena versi gratis pun sudah cukup untuk mengambil screenshot pada PC komputer kalian.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot pada windows laptop dan komputer, baik menggunakan tombol keyboard, aplikasi bawaan windows, maupun aplikasi di luar windows yang mesti di install.

Mau pilih Cara Screenshot di Laptop Lenovo, Acer, Asus dll untuk Windows yang mana, itu semua terserah kalian pilih yang paling mudah. Silakan dicoba ya. Baca Juga: .Cara Beli Token Listrik Online Lewat HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *