Cara Mendaftarkan BPJS Anak Kecil dan Syaratnya

cara mendaftar bpjs anak

Jumanto.Net – Cara Mendaftarkan BPJS Anak Kecil dan Syaratnya. Jika peserta punya bayi lalu belum didaftarkan BPJS Kesehatan, sementara orang tuanya sudah didaftarkan BPJS, gimana cara daftarin dan apa saya syarat yang dibutuhkan?

Peserta memang bisa mendaftarkan bayi untuk menjadi peserta BPJS. Namun jika karena tidak tahu atau sebab lain sampai anak berumur 1, 2, 3, 4, atau 5 tahun anak belum terdaftar BPJS juga, maka peserta seyogyanya segera mendaftarkan BPJS anak agar mendapat layanan jaminan kesehatan nasional.

Beberapa orang tua mungkin belum tahu cara daftarin BPJS anak kecil, apa saja syarat yang harus disiapkan, apakah syaratnya sama dengan pendaftaran BPJS orang dewasa.

Info pendaftaran BPJS untuk anak sebenarnya cukup banyak, termasuk info syarat daftar BPJS anak baru lahir, syarat penambahan anggota keluarga BPJS, dan cara daftar BPJS bayi dalam kandungan.

Semestinya, tidak harus menunggu anak besar untuk didaftarin menjadii peserta BPJS kesehatan.

Cara Mendaftarkan BPJS Anak Kecil Beserta Syarat yang Harus Dibawa

Syarat bikin BPJS perorangan sudah banyak disampaikan oleh pihak BPJS Kesehatan. Namun, karena mungkin sosialiasinya kurang merata, banyak juga masyarakat yang daftar BPJS Kesehatan lewat calo.

Di kampung saya pun banyak juga yang daftar BPJS kesehatan lewat Calo. Pendaftaran BPJS menjadi ladang mencari duit bagi sebagian orang.

Nah, biar gak kena calo saat mau daftarin BPJS anak kecil kalian, ketahui dulu nih syarat dan tata cara pendaftaran BPJS untuk anak.

cara mendaftar bpjs anak
anak kecil, sumber gambar pixabay

Syarat Daftar BPJS untuk Anak yang harus dibawa

Saat ingin mendaftarkan BPJS untuk anak, peserta harus membawa dokumen dan kartu berikut ini:

  1. Kartu BPJS Kesehatan (JKN) kedua orang tua.
  2. Akta kelahiran anak.
  3. Kartu Keluarga (KK).

Jadi setelah anak lahir jangan lupa untuk mengurus akta kelahiran dan KK dulu ya karena kedua dokumen ini penting banget dan bakalan selalu kepakaia di mana-mana.

Jangan sampai lahir anak tapi gak punya akta kelahiran dan KK belum diupdate, kasihan si anak nantinya.

Setelah syarat terpenuhi, silakan datang ke Kantor BPJS di kota terdekat untuk memproses penambahan anggota keluarga di BPJS dengan mengisi form yang akan diberikan oleh CS.

Untuk anak kecil memang belum disyaratkan menyertakan foto, berbeda dengan Syarat bikin BPJS perorangan yang harus melampirkan pas foto juga selain syarat di atas.

Syarat bpjs anak PNS pun sama dengan syarat di atas, bawa perlengkapan yang diminta dan isi formulir serta mungkin juga diminta legalisir daftar penghasilannya.

Cara daftar BPJS untuk anak secara online bisa dibahas lain kali ya.

Daftar BPJS Anak untuk PBI dari APBD (Jamkesda)

Untuk peserta BPJS dari Pemda (Jamkesda), cara daftarin anak untuk menjadi peserta BPJS adalah dengan mendaftarkannya ke Dinas Kesehatan.

Jadi silakan daftarkan anak agar terdaftar BPJS PBI di Dinas Kesehatan setempat.

Demikian informasi singkat Cara Mendaftarkan BPJS Anak Kecil dan Syaratnya, semoga bermanfaat. Baca Juga: Cara Mencicil Tunggakan Iuran BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *