Kamar di Dalam Kapal atau Pesawat, Tahu Gak?

kamar di dalam pesawat

jumanto.net – Banyak istilah dalam dunia penerbangan dan pelayaran yang mungkin beberapa di antara kita belum tahu namanya, salah satunya adalah kamar di dalam kapal atau pesawat. Lho, memangnya ada kamar di dalam pesawat ya? Lalu ngapain di kamar? hehehe. Jangan tanya lebih lanjut ya.

Selama ini kita mungkin sering naik pesawat, naik kapal laut, dan naik kereta api. Selama kita naik, terkadang kita tidak terlalu peduli dengan istilah-istilah transportasi, lalu pas anak kita nanya, apa itu kamar dalam kapal atau pesawat? Kita bingung jawabnya 😀

Atau saat lagi isi TTS, ada pertanyaan mengenai kamar dalam pesawat terbang, apa namanya? Bisakah kalian menjawabnya?

Nama Kamar Dalam Kapal atau Pesawat yang Sebenarnya Sudah Gak Asing Lagi

Sudah ketemu jawaban apa nama kamar didalam pesawat atau kapal? Yap, benar, namanya adalah kabin.

Jadi jika ada pertanyaan misalkan di soal TPA Bappenas, atau TTS, kabin merupakan ruangan kamar yang ada di dalam pesawat atau kapal.

Jika kita naik pesawat pasti sering mendengar pramugari bilang kabin, awak kabin. Begitu juga jika kita naik kapal laut.

Kabin sebenarnya sudah gak asing lagi kita dengar, cuma bahasa lainnya apa, kita belum tahu.

Kamar Ruangan Rahasia di Dalam Pesawat

Bisa gak sih pramugari, pilot, pramugara, dan kopilot tidur di pesawat? Lalu, kalau mau tidur, memangnya ada kamar tidur di pesawat?

Kalau penerbangan yang membutuhkan waktu lebih dari 12 jam, apakah mereka gak tidur? Capek dong?

Nah, terkait dengan pertanyaan tersebut, ternyata, ada kamar rahasia lho di dalam pesawat yang selama ini gak kita tahu.

Untuk pesawat dengan rute penerbangan jauh yang membutuhkan waktu lama, misalkan sampai 15 jam bahkan lebih, pesawat ternyata dilengkapi dengan kamar untuk istirahat para awak kru pesawat.

Contohnya saja di Pesawat Cathway Pasific, di atas ruangan bisnis penumpang, ternyata ada sebuah kamar rahasia yang terdiri atas 8 tempat tidur untuk istirahat pilot, kopilot, pramugari, dan pramugara. Mudah-mudahan ruang kamar rahasia ini gak disalahgunakan buat yang gak gak ya hehehe.

kamar di dalam pesawat
kamar di dalam pesawat

Lalu lewat mana masuk ke kamar rahasia di pesawat ini?

Masuknya ternyata lewat tangga rahasia di balik tempat pilot dan kopilot berada (di balik kokpit). Tangga ini tertutup pintu, jadi kalau yang gak tahu pasti gak akan melihatnya.

Di kamar rahasia ini, para awak pesawat bisa tidur dengan nyaman. Ukuran tempat tidurnya cukup lebar memanjang, ada di samping kanan dan kiri, di tengah-tengahnya jalan untuk lewat ke tempat tidur paling ujung.

Tentunya sangat nyaman buat istirahat dan diharapkan para awak kapal terbang pun senantiasa dalam keadaan fresh saat melayani penumpang dan menerbangkan pesawat.

Istirahatnya tentunya gantian dong. Kalau istirahat semua, gak mungkin kan 😀

Nah, ternyata menarik juga ya mengetahui sisi lain kamar di dalam kapal dan pesawat? Masih ada ruang rahasia yang tidak ketahui. Oh ya, baca juga tulisan ini: Tata Cara Naik Pesawat Transit, Panduan Lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *