Solusi Lupa PIN ATM Mandiri, Ini Yang Harus Dilakukan

solusi cara mengatasi lupa pin atm mandiri

jumanto.net – Manusiawi banget jika kita itu terkadang lupa, termasuk lupa PIN ATM Mandiri. PIN sendiri merupakan angka unik yang terdiri atas beberapa digit, dan tidak disarankan untuk membuat PIN dari angka tanggal lahir. Karena PIN ini tidak boleh mudah ditebak, akhirnya kita pun membuat PIN yang terkadang susah untuk kita ingat sendiri, sehingga akhirnya muncul permasalahan lupa PIN ATM Bank Mandiri yang kita punya, atau PIN Bank lain macam Permata, BCA, BRI, BNI, BTN, dan sebagainya.

Kenapa PIN (personal identification number) ini harus terdiri atas kombinasi angka yang tidak mudah ditebak, sehingga jangan sampai menggunakan angka yang sama lebih dari dua?

Karena, jika menggunakan PIN yang mudah ditebak, saat seseorang nemu kartu atm mandiri kalian, maka bisa saja ia menggunakan kartu ATM kalian untuk mengambil uang lalu mengurasnya hingga habis, atau menggunakannya dengan cara yang tidak benar.

Seharusnya kalau nemu kartu ATM ya dikembalikan kepada bank penerbit kalau tidak diketahui nama pemilik dan alamatnya.

PIN Standar ATM Mandiri

Untuk kalian yang memiliki rekening tabungan bank Mandiri, lalu memiliki kartu ATM Mandiri atau kartu debit, maka kalian harus membuat PIN yang aman untuk kartu ATM Mandiri kalian.

PIN ATM Mandiri sendiri terdiri atas 6 digit angka, yang harus kalian masukkan saat akan melakukan transaksi lewat mesin ATM,  atau saat berbelanja  menggunakan kartu debit Mandiri.

Saya sendiri sering menggunakan kartu ATM Mandiri untuk berbelanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank Mandiri.

Dibandingkan menggunakan kartu kredit Mandiri, bayar menggunakan kartu debit mandiri tentu lebih nyaman, gak perlu mikir cicilan hehehe.

Dulu, PIN ATM Mandiri terdiri atas 4 digit angka.

Lalu, untuk alasan keamanan,  jumlah PIN ATM Mandiri kemudian ditambah mejadi 6 digit sehingga lebih aman dan kemungkinan dibobol jadi lebih kecil.

Cara Mengganti PIN ATM Mandiri Pertama Kali

Saat pertama kali membuka rekening tabungan di Bank Mandiri, lalu kalian dikasih kartu ATM Mandiri, ada dua cara kalian mendapatkan PIN ATM Mandiri tersebut.

Cara pertama, kalian dikasih amplop, yang di dalamnya terdapat PIN ATM Mandiri kalian, lalu PIN ini harus kalian ubah.

Jadi, cara mengganti PIN ATM Mandiri pertama kali ini diperlukan jika kalian mendapatkan PIN ATM Mandiri Standar dari amplop yang dikasih CS Bank Mandiri.

Setelah menerima amplop, buka amplopnya, catat nomor PIN tersebut.

Setelah itu, datanglah ke mesin ATM, masukkan kartu ATM Mandiri kalian, lalu masukkan PIN yang tadi kalian catat.

Cari menu Lainnya, atau Menu Lain, atau Transaksi Lain.

Setelah itu cari menu Ubah/Ganti PIN.

Silakan masukkan PIN baru kalian, ulangi lagi PIN barunya, dan kini PIN ATM Mandiri baru sudah siap kalian gunakan.

Cara kedua mendapatkan PIN dari CS Bank Mandiri adalah, kalian diminta untuk mengetikkan PIN setelah  membuat rekening tabungan.

CS akan memberikan mesin gesek, menggesekkan kartu ATM kalian, lalu kalian disuruh mengetikkan PIN ATM Mandiri di mesin ini sebanyak dua kali.

Nah, PIN ini tidak kalian ubah pun tak masalah. Tapi, untuk alasan keamanan, mengubah PIN ATM secara berkala sangat dianjurkan.

Bagaimana Solusinya Jika Saya Lupa PIN ATM Mandiri Saya?

Setelah kalian membuat PIN ATM Mandiri, bisa jadi sesampai di rumah kalian lupa, berapa nomor PIN ATM yang telah dibuat tadi.

Bagaimana cara mengetahui PIN ATM Mandiri yang lupa?

Bagaimana cara melihat PIN ATM Mandiri saya?

Saran saya,  sebelum membuat PIN ATM Mandiri, catat dulu berapa nomor PIN yang akan kalian pakai. Jadi, jika lupa, kalian tinggal lihat catatan saja.

Tidak ada cara mengetahui pin ATM dari buku tabungan, karena di buku tabungan tidak akan tertulis PIN ATM Mandiri kalian.

Demikian juga tidak cara mengetahui PIN ATM mandiri dari kartu ATM karena di situ juga sama sekali tidak tertulis PIN yang telah kalian buat.

Jika kalian lupa PIN ATM Mandiri, maka selanjutnya kalian pasti akan salah memasukkan PIN ATM  mandiri.

Jika salah PIN ATM 2 kali berturut-turut, kartu ATM kalian masih aman, belum diblokir.

Tapi kalau sampai salah memasukkan PIN ATM Mandiri 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM Mandiri kalian akan diblokir.

Setahu saya, setelah kartu ATM diblokir, dan kalian lupa PIN ATM Mandiri berapa, menghubungi call center mandiri pun tidak akan ada gunanya, malah buang-buang pulsa.

Jika kalian lupa PIN ATM Mandiri, cara mengatasinya adalah kalian harus mereset atau mengganti PIN  kartu debit mandiri kalian

Ketentuan yang berlaku setahu saya, mengurus ATM terblokir tidak bisa diwakilkan. Anda harus mengurus sendiri ke CS Bank Mandiri terdekat dengan membawa syarat yang diperlukan seperti kartu ATM, buku tabungan, dan kartu identitas berupa EKTP.

Sampaikan bahwa kalian lupa dengan PIN ATM Mandiri kalian.

Selanjutnya, CS pun akan memproses penggantian PIN ATM Mandiri kalian. Ikuti saja instruksi sampai selesai.

Jika lupa PIN ATM Mandiri, mau gak mau kalian harus merubah PIN dan hanya bisa dilakukan di CS Bank Mandiri.

Setelah penggantian PIN Sukses, akan ada biaya sebesar 5 ribu rupiah (ketentuan biaya dapat berubah sewaktu-waktu).

Nah, itulah kiranya petunjuk cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri. Baca juga: ciri ciri atm mandiri terblokir.