10 Tempat Wisata di Lampung Yang Paling Recommended Buat Dikunjungi

Jumanto.Net – Ada banyak sekali tempat wisata di Lampung yang bagus untuk dijadikan destinasi liburan kalian di Lampung. Objek wisata ini tersebar di penjuru Lampung dari tempat wisata di Lampung Timur, Kalianda Lampung Selatan, Pringsewu Lampung, dan kabupaten lainnya yang membuat liburan di Lampung makin seru.

Lampung yang sebelumnya gak dipandang sebagai destinasi wisata, kini mulai menunjukkan tajinya, apalagi banyak blogger yang mempromosikan Wisata Lampung serta admin media sosial instagram yang mengenalkan pariwisata Lampung ke dunia luar.

Didukung dengan makin banyaknya penerbangan langsung dari dan ke Lampung, perbaikan Bandara Lampung yang kini sudah makin cantik dan nyaman buat pendatang, transportasi yang makin mudah, serta perbaikan infrastruktur, membuat Lampung recommended banget buat dikunjungi.

Silakan baca: 5 Alasan mengapa kamu mesti liburan ke Lampung.

Memang masih banyak tempat wisata di Lampung yang susah dijangkau, tapi malah banyak juga yang mencari tempat wisata seperti ini karena keadaan alamnya yang masih alami banget belum tercemar oleh manusia.

Para backpacker biasanya suka banget menjelajah tempat-tempat wisata tersembunyi di Lampung.

Daftar Nama Tempat Wisata di Lampung Paling Recommended buat Dikunjungi

Berdasarkan pengalaman selama berburu objek wisata di Lampung dan informasi dari berbagai sumber yang saya dapat, berikut ini daftar tempat wisata di Lampung yang terkenal dan wajib kalian kunjungi saat liburan ke Lampung:

1. Pantai Karang Bolong, tempat wisata pantai di Lampung yang mirip Pantai Tanah Lot Bali

tempat wisata di lampung
Pantai Karang Bolong, tempat wisata di lampung recommended buat dikunjungi

Tempat wisata di Lampung pertama yang recommended buat dikunjungi adalah Pantai Karang Bolong Tanggamus di Kecamatan Limau, sekitar 3,5 jam perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung.

Saat dateng ke Pantai Karang Bolong Tanggamus ini, suasana pantainya masih benar-benar alami meskipun ada di tengah-tengah perkampungan warga.

Waktu itu tempat wisata di Tanggamus ini belum dikelola secara resmi, dan masih gratis biaya masuknya, entah sekarang.

Sayangnya untuk mencapai tempat wisata ini harus menggunakan kendaraan pribadi karena gak ada angkutan umum yang sampai ke sini.

Alternatifnya bisa naik ojek dari Simpang atau rental mobil di Lampung.

Batu karang bolong di pantai ini mengingatkan saya dengan pantai di Tanah Lot Bali yang memiliki bukit menjorok dengan bolongan di tengahnya, hanya saja ukuran karang bolong di pantai Tanggamus ini jauh lebih kecil.

2. Pantai di Bengkunat Pesisir Barat Lampung


Tempat wisata tersembunyi selanjutnya ada di Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Tempat wisata di Provinsi Lampung ini recommended banget buat kalian kunjungi, dijamin gak akan nyesel melihat pemandangan pantai yang masih benar-benar alami.

Belum banyak campur tangan manusia di Pantai Bengkunat, pantainya masih relatif bersih, dan pasir halusnya memanjang dan melebar sepanjang deretan Pantai Bengkunat.

Pantai di Pesisir Barat ini merupakan surga tersembunyi di Lampung yang belum banyak orang tahu. Mungkin karena lokasinya jauh dari Bandar Lampung sehingga kurang diminati.

Padahal, siapa saja yang pernah dateng ke sini pasti bakal terpukau sama eksotisme pantainya.

3. Taman Pemandian Way Bekhak Batu Alip Tanggamus


Di daerah Batu Alip sebelum sampai ke Pasar Gisting, di sebelah kanan jalan akan kita jumpai sebuah gapura bertuliskan “Taman Pemandian Wai Bekhak“.

Masuk sekitar 200 meter dari jalan raya, kita sudah sampai ke tempat wisata di Tanggamus Lampung ini, sangat mudah akses jalannya.

Naik kendaraan umum pun bisa. Tinggal naik bus dari Rajabasa ke Kota Agung lalu turun di gerbang Way Bekhak kemudian lanjut jalan kaki sebentar.

Way Bekhak ini termasuk salah satu tempat wisata di Lampung yang paling mudah aksesnya, selain Air Terjun Way Lalaan dan Pantai Terbaya.

Keistimewaan Way Bekhak adalah air alaminya yang keluar dari akar pohon yang jernih banget dan dinginnya berasa di kulit.

Dijamin bakalan bikin takjub deh tempat ini karena gak kelihatan sumber mata airnya.

4. Pulau Pahawang Lampung, tempat snorkling paling asyik dan juga foto-foto

pulau pahawang lampung
pulau pahawang lampung

Pulau Pahawang Lampung merupakan salah tempat wisata recommended yang ada di Lampung. Siapa pun yang dateng ke Lampung wajib banget nih dateng ke Pulau Pahawang.

Untuk menuju Pulau Pahawang ini bisa menggunakan kendaraan umum menuju Dermaga Ketapang, lalu dilanjutkan dengan sewa perahu sekitar 500an ribu rupiah.

Rute menuju Pulau Pahawang Lampung pokoknya gampang banget.

Kalau mau jalan-jalan ke Pulau Pahawang enaknya ramai-ramai sih, bisa sharing cost untuk sewa kapalnya. Untuk biaya masuknya cukup murah.

Di Pulau Pahawang ini kita bisa menikmati penangkaran penyu, snorkling bawah laut, serta menikmati pasir halus di Pasir Timbul Pahawang Kecil.

Recommended banget deh Pulau Pahawang buat dikunjungi.

5. Puncak Mas Lampung, tempat wisata baru yang lagi ngehits

liburan ke lampung
Puncak Mas Lampung

Puncak Mas Lampung sebagai tempat nongkrong dan tempat narsis alias foto-foto selfie selalu saya masukkan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi saat liburan ke Lampung.

Lokasinya yang ada di Kota Bandar Lampung membuat tempat ini mudah dijangkau.

Memang sih gak ada kendaraan umum di sana, tapi kalian bisa naik ojek online atau taxi online di Lampung (Gojek, Gocar, Grab, Uber, Timbel Car).

di Puncak Mas ini kalian bisa foto-foto di rumah pohon, memacu adrenalin dengan naik wahana sepeda gantung, nongkrong sambil menikmati live music dan main ayunan, wisata kuliner di Puncak Mas Bandar Lampung, dan tentunya merasakan sensasi sholat di rumah pohon.

6. Pantai Tanjung Tuha, tempat wisata di Lampung dekat Bakauheni

Jika  kalian dateng ke Lampung naik kapal, lalu pengin menikmati tempat wisata di Lampung yang dekat Bakauheni, selain Menara Siger ada juga nih Pantai Tanjung Tuha yang bakalan melengkapi koleksi foto kalian di instagram.

Birunya lautan dan indahnya batu karang membuat liburan kalian di Lampung jadi lebih menakjubkan.

Kalianda Lampung Selatan dengan garis pantainya yang panjang benar-benar recommended jadi tujuan wisata kalian selain banyaknya air terjun di daerah ini.

7. Pulau Wayang, Raja Ampatnya Lampung yang Mempesona

Tujuan wisata Lampung recommended selanjutnya ada Pulau Wayang yang disebut sebagai Raja Ampatnya Lampung.

Untuk menuju Pulau Wayang ini bisa menyewa kapal dari Dermaga Ketapang, atau bisa juga menggunakan jalur darat (kurang recommended karena butuh waktu lama).

Silakan cari saja foto Pulau Wayang di instagram dan kalian bakalan tahu betapa indahnya pasir pantai dan background pulau-pulau kecil di daerah ini.

8. Pantai Pegadungan Batu Layar/Karang Gigi Hiu

Meskipun beberapa waktu yang lalu ada keluhan dari si penemu tempat wisata ini, Om Yopie Pangkey, bahwa ada pemalakan di daerah ini, pantai ini tetap memiliki eksotisme tersendiri.

Sayangnya banyak pengunjung yang gak bertanggung jawab dengan corat-coret gak jelas yang mengurangi keindahan alam itu sendiri.

Pantai Karang Gigi Hiu dengan batu-batu karang menjulang tinggi ini menurut saya recommended buat dikunjungi.

Sayangnya akses menuju ke sana memang susah, jalan masih jelek, dan mau gak mau harus bawa kendaraan pribadi/sewa mobil di Lampung.

9. Muncak Tirtayasa atau Muncak Teropong Laut

tempat wisata di bandar lampung
Muncak Tirtayasa atau Muncak Teropong Laut

Tempat wisata di Pesawaran Lampung ini recommended banget buat kalian kunjungi saat jalan-jalan di Lampung.

Lokasinya satu arah dengan pantai-pantai di Teluk Lampung (Pantai Mutun, Sari Ringgung, Dewi Mandapa, Pahawang, Klara).

Baik siang maupun malam hari sama-sama asyiknya untuk jalan-jalan ke sini.

Siapkan kamera yang paling bagus saat dateng ke Muncak Tirtayasa karena bakal nyesel banget deh kalau cuma pakai kamera HP 😀

10. Pantai Sari Ringgung, buat tempat wisata keluarga dan anak

Nah buat kalian yang jalan-jalan bareng keluarga ke Lampung, terutama saat mengajak si kecil, recommendasi tujuan wisata di Lampung yang paling cocok menurut saya adalah Pantai Sari Ringgung atau bisa juga berkunjung ke Pantai Mutun.

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu tempat wisata di Lampung yang terkenal di mana-mana, karena sering dijadikan tujuan study tour anak-anak sekolah, terutama sekolah-sekolah di Provinsi Lampung.

Ada masjid terapung, pasir timbul, perosotan di air (waterboom mini), main kano, banana boat, menyeberang ke pulau, main voli dan sepak bola, menikmati pemandangan dari ketinggian di Bukit Sari Ringgung, dan beragam aktivitas lainnya.

Baca juga: 10 Objek Wisata Favorit di Kota Bandar Lampung.

So, mau ke Tempat Wisata di Lampung yang mana saat liburan ke Lampung? Silakan tentukan tujuan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *