Home ยป Wisata ยป Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja 3 Hari 2 Malam (Itinerary)

Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja 3 Hari 2 Malam (Itinerary)

Jumanto.Net – Punya cerita pengalaman liburan ke Jogja bersama keluarga? Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta adalah tempat yang unik, menarik, bersahabat, nyaman, dan murah tentunya. Mengunjungi Jogja memang ada perasaan spesial tersendiri, wajar jika Jogja disebut sebagai daerah Istimewa.

Terkait dengan cerita pengalaman liburan ke Jogja bersama keluarga, saya juga punya cerita liburan ke kota ini yang mau saya ceritakan di sini.

Yogyakarta sendiri dikenal dengan kota pelajar. Ini cerita pengalaman liburan ke Jogja selengkapnya.

Liburan Lampung – Jogja Naik Bus dan Kereta Api

September 2015 lalu saya bersama mama dan Alya, jalan-jalan ke Jogja sebelum mudik ke rumah orang tua di Purbalingga.

Sekalian menyelam minum air hehehe, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Jogja dulu. Dari Lampung ke Jogja kami memutuskan untuk ngeteng.

Waktu itu belum ada penerbangan pesawat Lampung-Jogja langsung, adanya pesawat transit di Jakarta sebelum ke Jogja. Kalau sekarang sudah makin mudah saja, pesawat Lampung-Jogja sudah ada sehari sekali dengan waktu tempuh cuma 1 jam lewat.

Untuk bus Lampung Jogja ada Damri, Sinar Jaya, dan masih banyak lagi bus-bus yang melayani rute Lampung – Jogja.

Buat menghemat pengeluaran, pilihan liburan dari Lampung ke Jogja lewat jalur darat dengan ngeteng adalah pilihan terbaik. Butuh waktu sekitar 1 hari 1 malam dari Lampung ke Jogja lewat jalur darat.

Baca juga: tiket kereta api bandung jogja 80 ribu.

Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja bersama Keluarga

Naik bus dari Lampung ke Jakarta

Kami bertiga berangkat dari Lampung menggunakan bus umum dari Rajabasa ke Pelabuhan Bakauheni (sekitar 3 jam), kemudian naik kapal menuju pelabuhan Merak sekitar 2,5 jam waktu penyeberangan.

Dari Merak, kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Pulogadung, turun sebelum terminal, dan dilanjutkan dengan ojek menuju Stasiun Pasar Senen.

Dari Pasar Senen, barulah kami naik kereta menuju Stasiun Kota Yogyakarta.

Naik kereta Pasar Senen – Jogja

Turun dari Stasiun Kota, kami naik Trans Jogja kemudian turun di Pugeran menuju Pondok 71, salah satu penginapan murah yang ada di Jogja yang kami pilih buat menginap selama beberapa hari.

Oh ya, buat kalian yang mau mencari penginapan murah di Jogja, buka saja Traveloka, Reddoorz, atau situs reservasi lainnya, di situ banyak banget hotel budget dengan tarif antara 50 ribu sampai dengan 100 ribuan.

Masih banyak kita jumpai penginapan murah di Jogja, enak pokoknya liburan ke Jogja.

Baca juga: tiket kereta api kiaracondong jogja.

Pengalaman Menginap di Pondok 71 Jogja

Penginapan yang kami pilih waktu liburan ke Jogja adalah Pondok 71.

Tarif 100 ribuan. Murah meriah sih.

Sayangnya dapat kamar yang banyak banget nyamuknya.

Kurang recommended tempat ini buat menginap.

Lokasi mudah dijangkau, menyediakan sewa motor juga, sayangnya kamar banyak nyamuk dan pemilik kurang ramah.

Baca juga: taman reptil purbalingga.

Cerita Mengunjungi Tempat Wisata di Jogja

Ashar kami baru sampai di Pondok 71 Jogja.

Setelah mandi, kami cari makan sore.

Esoknya, kami pun mulai berkunjung ke tempat wisata yang ada di Jogja.

Pengalaman liburan ke Candi Prambanan Jogja

Setelah sarapan gudeg di daerah Malioboro, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan.

pengalaman liburan ke jogja

Oh ya, buat jalan-jalan di Jogja, kami memutuskan buat sewa motor di Pondok 71.

Tarifnya 70 ribu per hari, dapat motor Vario.

Banyak banget kok yang menyediakan sewa motor di Jogja, beda dengan sewa motor di Lampung yang gak akan kita dapetin, maklum, rawan begal ๐Ÿ˜€

Seharian mengunjungi Candi Prambanan ternyata kurang puas lho.

Kompleknya ternyata luas banget, sampai candi Sewu.

Kami belum sempat jalan-jalan ke Candi Ratu Boko dan sekitarnya.

Pengalaman ke Taman Pintar Jogja

Setelah jalan-jalan ke Candi Prambanan, esoknya kami mengunjungi Taman Pintar Jogja dan Benteng Vredeburg.

Banyak anak-anak sekolah yang berkunjung ke Taman Pintar Jogja.

Kebanyakan mereka study tour ke Jogja untuk acara sekolah, kemudian bikin karya tulis.

Cukup menarik juga Taman Pintar Jogja buat liburan bersama anak, bisa mengenalkan mereka pada sains.

Banyak praktik peralatan sains di sini, hampir mirip dengan yang ada di Sanggaluri Park, cuma ini lebih lengkap.

Jalan jalan ke Benteng Vredeburg

Puas keliling Taman Pintar Jogja, siang kami lanjutkan ke Benteng Vredeburg.

Bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Berkunjung ke Jogja kurang mantap kalau gak main ke Benteng Vredeburg ๐Ÿ˜€

Recommended banget deh.

Baca juga: tempat wisata di bandar lampung selain pantai.

Akhir Kata

Dua hari jalan-jalan di Jogja, rasanya kurang puas banget, belum banyak yang bisa dieskplore.

Saya masih ada rencana buat liburan ke Jogja lain kali, insyaa Allah hehehe.

Yah, itu saja cerita singkat liburan ke Jogja kami. Jika kamu punya pengalaman liburan ke Jogja bareng teman, bisa juga dibuat cerita ya. Ikuti saja alurnya sesuai waktu jika mau mudah.

Silakan bagikan juga Pengalaman liburan ke Jogja kalian ya hehehe. Baca Juga: Tempat wisata di Purbalingga yang kece-kece.

2 thoughts on “Cerita Pengalaman Liburan ke Jogja 3 Hari 2 Malam (Itinerary)”

1. lain waktu jika ke Jogja, bisa ke daerah Nanggulan Menoreh, tepatnya Godean menuju ke arah barat.. view alamnya bagus banget kak…