Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi yang Harus Kalian Tahu

Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi

jumanto.net – Pernah naik pesawat kelas Bisnis? Kalau saya sih selama ini selalu menggunakan kelas ekonomi, biar lebih hemat saja hehehe. Tarifnya ken lebih murah, baik pesawat Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda Indonesia, dan maskapai lainnya. Lalu, fasilitas pesawat Garuda Kelas Ekonomi apa saja ya? Beda jauhkah dengan kelas bisnis?

Tiap-tiap maskapai punya kebijakan sendiri-sendiri mengenai fasilitas pesawat baik itu kelas ekonomi maupun kelas bisnis.

Fasilitas yang disediakan oleh Garuda Indonesia untuk kelas ekonomi tentu berbeda dengan fasilitas pesawat Citilink kelas ekonomi.

Kondisi kabin pesawat garuda kelas ekonomi juga tentunya berbeda dengan maskapai penerbangan lainnya.

Untuk pesawat Garuda Indonesia, berdasarkan pengalaman saya, menggunakan kelas ekonomi pun sudah cukup nyaman dengan berbagai fasilitas yang didapat. Tidak ada urutan kelas ekonomi garuda, masing-masing mendapatkan fasilitas yang sama.

Baca Juga: Cara Chek In Pesawat.

Apa Saja Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi?

Kelas ekonomi di dalam pesawat jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kelas bisnis. Bahkan ada pesawat yang semuanya berisi kelas ekonomi, sama sekali tidak menyediakan kelas bisnis, terutama pesawat kecil, seperti saat saya naik pesawat Wings Air dari Lampung ke Bandung.

Jumlah penumpangnya sedikit, kursinya 2 2, dan semuanya kelas ekonomi tanpa kelas bisnis.

Jika di dalam pesawat ada kelas bisnis, ruang kabinnya biasanya berada di paling depan dari tempat duduk penumpang.

Fasilitas Garuda Indonesia kelas bisnis dibandingkan dengan kelas ekonomi di antaranya:

  • Saat memasuki pesawat, yang dipersilakan lebih dulu untuk masuk ke dalam pesawat adalah penumpang kelas bisnis atau member sky team.
  • kursi penumpang kelas bisnis selain berada paling depan, mereka juga mendapatkan kursi lebih besar dengan komposisi kursi 2 2, berbeda dengan kursi kelas ekonomi, 3 3.
  • kursi penumpang Garuda kelas bisnis lebih nyaman dibanding kelas ekonomi.
  • Saat keluar pesawat, kelas bisnis juga dipersilakan untuk keluar terbelih dahulu.

Fasilitas pesawat Garuda kelas ekonomi yang didapatkan di antaranya:

  • tempat duduk 3 3.
  • sabuk pengaman dan alat keselamatan.
  • koran gratis.
  • minuman gratis.
  • snack gratis.
  • plastik untuk jaga-jaga,  siapa tahu mabuk.
  • layar di bangku depannya untuk nonton film, musik, baca-baca, dll (kadang ada kadang gak ada)

Naik pesawat Garuda dapat makan?

Untuk penerbangan dengan rute pendek dan waktu tempuh sebentar, misalkan dari Lampung ke Jakarta dengan waktu tempuh cuma 45 menit, penumpang Garuda Indonesia tidak diberikan makanan, tapi mendapatkan minum dan snack gratis.

Sedangkan untuk jarak jauh, dengan waktu tempuh lebih lama, penumpang akan diberikan makanan dalam pesawat Garuda.

Pengalaman saya, saat naik pesawat dari Jakarta ke Balikpapan dengan waktu tempuh 2 jam, kita diberikan makanan di dalam pesawat Garuda Indonesia.

Begitu juga saat terbang dari Jakarta ke Jambi dengan waktu tempuh 1,5 jam, kita juga diberikan makanan di dalam pesawat.

Jika sudah diberikan makanan, Maskapai tidak memberikan snack. Pilihan minumnya beragam, bisa memilih susu, jus, kopi, atau teh dan air putih.

Kalau pesawat Lion Air, gak dapat apa-apa. Pernah saya terbang dari Bali ke Jakarta dan sama sekali gak dapat apa-apa, meskipun cuma air mineral.

Fasilitas pesawat Sriwijaya kelas ekonomi pun dapat makan juga saat terbang dengan waktu 2 jam atau lebih.

Baca Juga: Cara Naik Pesawat Pertama Kali.

Kesimpulan

Naik pesawat Garuda kelas ekonomi cukup nyaman, di samping harga tiket pesawat garuda kelas ekonomi yang lebih murah dibandingkan dengan kelas binsis, fasilitas yang diterima pun sebenarnya tidak terlalu jauh.

Makanan di dalam pesawat termasuk dalam fasilitas pesawat Garuda kelas Ekonomi untuk waktu tempuh 1,5 jam atau lebih. Baca Juga: Cara Naik Pesawat Transit yang harus Kalian Tahu.