Kartu ATM BCA Terblokir? Begini Cara Mengatasinya

Kartu ATM BCA Terblokir

jumanto.net – Cara Mengatasi Kartu ATM BCA yang Terblokir. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kartu ATM BCA diblokir oleh sistem. Jika kartu debit diblokir, kita tidak bisa lagi menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi.

Kartu ATM BCA sendiri diberikan kepada nasabah yang telah membuka tabungan di bank BCA, apa pun jenis tabungannya, dan jenis ATM BCA bisa berupa kartu ATM platinum, silver, atau gold.

Driver Gojek juga menggunakan kartu ATM BCA lho untuk menerima pembayaran bonus atau pencairan gaji dari pembayaran lewat GoPay.

Kartu ATM sangat berguna bagi nasabah, bisa untuk mengambil uang di mesin ATM, belanja di toko atau merchant yang bekerja sama dengan BCA,  atau untuk keperluan lainnya.

Di saat kartu ATM BCA terblokir, pemilik rekening tabungan BCA tentunya bakalan kelabakan karena tidak bisa lagi bertransaksi lewat ATM BCA dan menggunakan kartu yang dimilikinya.

Salah satu ciri ciri atm BCA terblokir, kartu tersebut akan ditolak saat akan melakukan transaksi di mesin ATM.

Lalu, gimana cara mengatasi atm terblokir? Bisakah membuka blokir kartu ATM tanpa harus datang ke kantor cabang Bank BCA?

Ada 2 Cara Mengatasi ATM BCA Terblokir

Saya pernah punya pengalaman kartu ATM Mandiri Terblokir dan itu bikin males banget ngurusnya, karena harus menyediakan waktu luang untuk mengurus kartu ATM yang terblokir.

Cara membuka ATM BCA yang terblokir sebenarnya ada dua cara, tergantung kondisi dari terblokirnya ATM.

Kartu ATM BCA bisa diblokir atas permintaan nasabah, dan bisa juga otomatis terblokir karena salah memasukan PIN di ATM 3 kali berturut-turut.

Nah, kondisi salah memasukkan PIN di ATM BCA ini juga bisa dua kemungkinan:

  • Salah memasukkan PIN ATM BCA tapi masih ingat PIN yang benar.
  • Salah memasukkan PIN ATM BCA karena memang benar-benar lupa PIN.

Jika PIN ATM BCA lupa, gimana cara mengetahui PIN ATM BCA saya? Nah, kalau urusan itu, kalian sendiri lah yang paling tahu, apa pernah mencatat kode PIN atau tidak. Jika punya catatan, maka bisa didapatkan kembali nomor PINnya.

Untuk keamanan bertransaksi, bikinlah PIN yang tidak mudah ditebak orang lain, misal menggunakan tanggal lahir atau nomor hp, tapi gunakan kombinasi angka yang unik dan mudah diingat.

1. Cara mengurus kartu ATM BCA yang terblokir tapi masih ingat PIN yang benar

Jika kalian merupakan nabasah bank BCA, membuka tabungan BCA, dan memiliki kartu ATM BCA lalu terblokir dan PIN masih ingat, maka kalian bisa menggunakan cara mengatasi atm terblokir tanpa ke bank.

Cara mengatasinya, cukup telpon saja customer service BCA di nomor Halo BCA: 1500888 (tanpa kode area), atau hubungi nomor telepon kantor pusat BCA di nomor (021) 235-88000.

Siapkan biaya telepon, atau jika menggunakan kartu AS, kalian bisa menggunakan telpon murah dari kartu As ke Nomor Telepon rumah.

Setelah menelepon CS BCA, nanti akan diproses pembukaan blokir ATM kalian, setelah mereka meverifikasi dulu apakah benar kalian yang menelepon adalah nasabah BCA.

Oleh karena itu, untuk verifikasi ini, siapkan data-data seperti nomor rekening tabungan BCA, kartu ATM BCA, tanggal lahir, nama ibu kandung, transaksi terakhir, dan informasi lainnya mengenai kalian dan rekening tabungan kalian.

Setelah blokir dibuka, kalian pun sudah bisa transaksi lagi di mesin ATM menggunakan PIN yang sudah kalian ingat.

Gantilah PIN secara rutin untuk keamanan transaksi kalian.

Untuk ATM BRI yang terblokir, tidak bisa membuka blokir tanpa datang ke kantor bank. Sedangkan ATM terblokir mandiri, bisa kalian coba apakah masih bisa atau tidak.

PIN ATM BNI terblokir terblokir pun bisa menggunakan cara ini.

2. Cara mengatasi ATM BCA terblokir karena sama sekali tidak ingat nomor PIN

Kondisi kedua, jika kalian sama sekali tidak mengingat karu PIN ATM BCA, mau gak mau harus datang ke kantor bank BCA membawa syarat-syarat yang diperlukan untuk membuka blokir ATM.

Jika ATM BCA lupa PIN, biasanya kartu ATM harus diganti dengan kartu baru, lalu membuat nomor PIN baru, dan akan ada biaya penggantian kartu ATM yang lupa PIN.

Persyaratan yang harus kalian bawa di antaranya: KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Bawa uang untuk penggantian kartu, atau bisa juga langsung dipotong dari tabungan.

Setelah kartu ATM baru didapat, kini kalian bisa transaksi lagi, menggunakan 6 digit PIN yang baru dan kartu ATM baru.

Nah, kiranya itu saja cara mengatasi kartu ATM BCA yang terblokir agar blokir dibuka setelah 3 kali salah memasukkan nomor PIN di mesin ATM secara berturut-turut.  Baca Juga: Biaya Transfer dari ATM BRI ke BCA.