Token Listrik Gagal Tidak Bisa Diisi, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Jumanto.Net – Pernah mengalami token listrik gagal tidak bisa diisi? Token listrik gagal masuk ke meteran tentu bikin kesal, apalagi sudah berkali-kali dicoba, token listrik tidak bisa diisi juga. Untuk itu perlu dicari tahu dulu penyebab token PLN Gagal tidak bisa diisi. Jangan sampai karena token listrik bermasalah lalu asal-asalan nyari solusi, akhirnya token listrik diblokir oleh PLN.

Saya juga pernah mengalami masalah token listrik tidak bisa diisi ke dalam meteran listrik. Jika kalian mengalami kejadian seperti ini, jangan panik duluan, jangan buru-buru hubungi PLN, cek dulu sebab token listrik tidak bisa diisi dan gagal terus.

Jangan sampai juga salah memasukkan No Token PLN sampai 3 kali berturut-turut, jika sampai salah maka token listrik akan diblokir secara otomatis oleh sistem.

Cara memasukan token listrik ke meteran sebenarnya cukup mudah, cuma memasukkan 20 digit angka token yang kita dapat setelah beli pulsa listrik, lalu jika sudah benar tekan Enter, maka pulsa listrik pun akan bertambah.

Sayangnya, jika sampai salah memasukkan token listrik, akibatnya tadi, akan diblokir oleh sistem dan jadi ribet lagi buat ngurus buka blokir listrik prabayar.

Sebab Token Listrik Gagal Tidak Bisa Diisi dan Solusi Cara Mengatasinya

Ada banyak sebab mengapa token listrik gagal dan selalu tidak bisa diisi saat mau memasukkan ke meteran listrik.

Beberapa sebab Token Listrik gagal dimasukkan ke meteran antara lain sebagai berikut:

1. Token listrik bermasalah karena salah memasukkan nomor token

Penyebab pertama mengapa token listrik tidak bisa diisi adalah karena kita salah memasukkan nomor token yang 20 digit setelah kita beli.

Untuk mengatasi hal ini, solusinya adalah:

  • masukkan nomor token listrik 4 digit 4 digit, sesuai dengan yang tertera di meteran listrik, sambil dicek kebenarannya.
  • Jangan tekan enter sebelum memastikan angka 20 digit benar sesuai dengan token yang telah dibeli.
  • Jika sudah benar tapi masih gagal tidak bisa diisi, coba matikan dulu KWH selama 1-3 menit, lalu nyalakan lagi dan masukkan kembali nomor token listriknya.
  • Reset meteran listrik dengan menekan tombol 00+enter.
  • Jika masih ada masalah juga padahal nomor token listrik benar, silakan hubungi PLN 123 dari HP kalian.

2. Token listrik gagal karena salah beli token listrik

Salah beli token listrik bisa saja terjadi lho, karena mertua saya juga pernah. Jadi saat beli token listrik, pastikan token yang kita terima sesuai dengan No ID PLN kita, jangan sampai berbeda atau ketuker sama Nomor ID PLN orang lain.

Jika sampai salah beli token listrik, mau gak mau harus beli token PLN ulang.

3. Token Listrik tidak bisa diisi karena server lagi error

Jika memasukkan 20 digit token PLN sudah benar, NO ID PLN juga sesuai, lalu masih ada gagal tidak bisa diisi juga, bisa jadi masalahnya adalah karena server PLN lagi down atau lagi error.

Solusinya, kita harus menunggu sampai server PLN baik kembali.

4. Token tidak bisa diisi karena Diblokir

Salah satu sebab token PLN gagal tidak bisa diisi adalah karena meteran listrik diblokir oleh PLN, bisa karena berbagai alasan dan sebab.

Kalau token PLN gagal karena diblokir, akan muncul pesan “Gagal. Nomor Diblokir”.

5. KWh Over Limit juga bisa menyebabkan Token PLN Gagal Tidak Bisa Diisi

Tiap meteran punya batas maksimal KWh yang diisi per bulan. Jika pengisian pulsa listrik melewati batas KWH maka token listrik pun tidak bisa diisi, nunggu bulan berikutnya memasukannya.

6. Gagal memasukkan token listrik karena instalasi yang tidak benar

Instalasi listrik yang tidak benar juga bisa mengakibatkan token listrik tidak bisa diisi ke meteran. Oleh karena itu, serahkan instalasi listrik kepada ahlinya dan resmi, bukan petugas asal-asalan.

token listrik gagal
token listrik gagal

7. Meteran Listrik Prabayar bermasalah

Sebab token listrik gagal tidak bisa diisi yang terakhir adalah karena ada masalah pada meteran listrik. Segera hubungi PLN 123 jika ada masalah dengan meteran listrik kalian.

Demikian sebab token listrik gagal tidak bisa diisi beserta solusi cara mengatasinya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga: Harga Token Listrik di Indomaret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *